Hadapi Ancaman Longsor Pemkab Manggarai dan Satker Jalan Nasional Siaga Tinggi

Berto Davids, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Hadapi Ancaman Longsor Pemkab Manggarai dan Satker Jalan Nasional Siaga Tinggi
Dalam kondisi siaga tinggi Pemkab Manggarai dan Satker Jalan Nasional mengkerahkan alat berat exavator di jalan yang tertimbun longsor. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Manggarai dan satuan kerja (satker) Jalan Nasional di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dalam kondisi siaga tinggi menghadapi cuaca esktrem sekarang ini "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Manggarai dan satuan kerja (satker) Jalan Nasional di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dalam kondisi siaga tinggi menghadapi cuaca esktrem sekarang ini.

Hal tersebut dilakukan untuk menghadapi ancaman banjir dan longsor seperti prediksi BMKG.

PPK 3.3 Jalan Nasional Ruteng-Reo, Djibrael Tuka Rohi mengatakan, prinsipnya selalu siap siaga menghadapi situasi seperti sekarang.

Baca Juga: Kesejahteraan Masyarakat Tanailandu Meningkat karena Rumput Laut

Pihaknya selalu menjaga agar lalu lintas kendaraan tetap lancar baik kendaraan penumpang, barang maupun angkutan bahan bakar minyak (BBM).

“Kita selalu siaga. Siaga di kantor, juga di lapangan terhadap situasi seperti sekarang, apalagi ada ancaman banjir dan longsor" katanya, Senin (6/2/2023).

Dikatakan, siaga penting sekali agar setiap saat keadaan jalan terpantau. Kalau terjadi sesuatu atau gangguan apa saja bisa langsung ditangani.

Menurutnya, untuk sekarang ini ada gangguan kecil berupa longsoran di pinggir dan bahkan badan jalan pada jalur jalan ke wilayah Utara Manggarai.

Tetapi, petugas di lapangan bisa langsung bergerak untuk membersihkan material longsoran.

Gerak cepat kata Djibrael, sudah menjadi standar pekerjaan karena berkaitan dengan pelayanan publik. Kalau jalan terganggu dalam waktu lama, maka dampaknya banyak sekali, terutama berkaitan dengan pengangkutan BBM ke Ruteng, Lembor, Labuan Bajo dan Borong.

Kalau BBM sampai tidak tepat waktu, tambah Djibrael, maka dampaknya sangat banyak untuk publik.

Baca Juga: Julita Kepala Desa Termuda di Kolaka Timur

Sementara itu Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut mengatakan, perhatian sangat tinggi pada keamanan dan kenyamanan jalan yang ada agar semuanya lancar dalam situasi apapun.

Kepada masyarakat dan pengendara kendaraan, Bupati meminta agar waspada tinggi. Warga yang berdiam di pinggir jalan yang bertebing agar selalu siaga saat dan pasca hujan.

Hal ini penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga