Puan Maharani: Rasio Kredit UMKM Selamatkan Ekonomi Bangsa

Sugiharta Yunanto, telisik indonesia
Rabu, 07 April 2021
0 dilihat
Puan Maharani: Rasio Kredit UMKM Selamatkan Ekonomi Bangsa
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ist.

" Menjaga keberlangsungan hidup UMKM pada gilirannya akan menyelamatkan perekonomian Indonesia seperti yang pernah dibuktikan pada krisis ekonomi 1998 dulu. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pemerintah bisa meningkatkan rasio kredit UMKM perbankan di atas 30 persen.

Menurutnya, peningkatan rasio kredit perbankan ini salah satu solusi keberlangsungan hidup UMKM di tengah pandemi COVID-19.

"Keinginan pemerintah agar kredit perbankan yang diberikan untuk pelaku UMKM mencapai 30 persen mesti segera bisa direalisasikan. Otoritas terkait, termasuk Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, hingga pemerintah mesti bisa bergerak cepat merumuskan kebijakan untuk merealisasikannya," kata Puan, Rabu (7/4//2021).

Baca juga: Realisasi Vaksinasi Lansia Secara Nasional Baru 8,2 Persen

Terbukanya akses perbankan dengan bunga rendah dan proses yang mudah bagi pelaku UMKM,  bisa menjadi penyelamat ekonomi negara.

"Menjaga keberlangsungan hidup UMKM pada gilirannya akan menyelamatkan perekonomian Indonesia seperti yang pernah dibuktikan pada krisis ekonomi 1998 dulu," tuturnya.

Ditegaskan, dirinya mendukung sinergitas dari pemegang otoritas untuk menyelamatkan UMKM agar mendapatkan program dan fasilitas layak kredit.

"Selain memberikan bunga yang lebih rendah dan proses yang lebih mudah, semua stakeholder juga semestinya merumuskan program untuk membimbing pelaku UMKM sehingga dapat menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan dan layak menjadi debitur perbankan," tandasnya. (B)

Reporter: Sugiharta Yunanto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga