Pulau Damalawa Kabupaten Bombana Suguhkan Keindahan Bawah Laut Memukau

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 07 Desember 2022
0 dilihat
Pulau Damalawa Kabupaten Bombana Suguhkan Keindahan Bawah Laut Memukau
Suasana Asri Pulau Damalawa dengan hamparan pasir putih dan lautan biru yang terletak di Kabupaten Bombana. Foto: Ist.

" Sulawesi Tenggara menyimpan banyak pesona alam daratan dan lautan yang indah. Bagi wisatawan pecinta destinasi bahari wajib datang di Pulau Damalawa "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyimpan keindahan alam di bawah laut, destinasi wisata Pulau Damalawa di ujung Timur Kabaena Kabupaten Bombana diharapkan bisa menunjang masyarakat lokal.

Sulawesi Tenggara menyimpan banyak pesona alam daratan dan lautan yang indah. Bagi wisatawan pecinta destinasi bahari wajib datang di Pulau Damalawa. Pulau ini terletak di Desa Tapuhaka, Kecamatan Kabaena Timur.

Pulau Damalawa merupakan objek wisata bahari disertai mangrove yang masih terjaga kelestariannya. Hamparan pasir putihnya yang masih bersih dengan jejeran pohon kelapa, serta airnya biru jernih memanjakan mata pengunjung yang datang. Udaranya yang segar tak jarang menjadikan tempat ini sebagai tujuan liburan untuk melepas penat.

Seorang warga lokal, Zanita (21) menjelaskan, jika dari luar Pulau Kabaena, wisata tersebut dapat ditempuh dari Pelabuhan Skeli yang selanjutnya menuju Desa Tapuhaka lalu dilanjutkan penyeberangan menggunakan katinting  dengan biaya Rp 10 ribu per orang.

Baca Juga: Tes CAT dan Wawancara Penentu Kelulusan PPK

"Aksesnya kalau mau ke sana itu tergantung, kita dari dalam atau luar Pulau Kabaena. Jika dari luar pulau kita menyeberang dua kali, kalau dari dalam hanya satu kali penyeberangan saja," tutur Zanita.

Di Pulau Damalawa pengunjung dapat berenang dan menikmati keindahan alamnya yang masih sangat asri. Ada pula gazebo untuk para pengunjung beristirahat.

Baca Juga: Polisi Periksa Ponsel Siswa Sekolah Antisipasi Marak Gangster di Surabaya

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Bombana, Sri Fatmawati menerangkan, perannya yaitu melakukan pendampingan dalam pengelolaan destinasi wisata di Pulau Damalawa, serta mendukung peran pemerintah desa dan pengelolaannya, memberikan pelatihan tentang tata kelola destinasi dan homestay. Objek wisata ini dikelola oleh Pemerintah Desa Tapuhaka.

‘Harapan pihak Dinas Pariwisata untuk pengembangan objek wisata Pulau Damalawa adalah dapat menjadi ikon destinasi, khususnya pulau yang memiliki keindahan alam. Potensi pulau ini dapat dijadikan salah satu sarana penunjang bagi masyarakat setempat.

"Pihak pemerintah dan masyarakat dapat membantu untuk mengelola serta mengembangankan destinasi unggulan di Pulau Damalawa," ucap Sri. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga