Bawang Merah Olahan Kelompok Tani Bombana Berlimpah Ruah

Hir Abrianto, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
Bawang Merah Olahan Kelompok Tani Bombana Berlimpah Ruah
Panen raya bawang merah hasil olahan kelompok tani binaan Dinas Pertanian Bombana. Foto: Ist.

" Komoditas bawang merah di Kabupaten Bombana dinilai tidak akan mengalami keterbatasan, pasalnya kelompok tani hortikultura binaan Dinas Pertanian menghasilkan tanam berlimpah ruah "

BOMBANA, TELISIK.ID - Komoditas bawang merah di Kabupaten Bombana dinilai tidak akan mengalami keterbatasan, pasalnya kelompok tani hortikultura binaan Dinas Pertanian menghasilkan tanam berlimpah ruah.

Program penanaman hortikultura seperti tomat, cabai dan bawang merah merupakan upaya yang dipercayai mampu menekan laju inflasi pada Kabupaten Bombana.

Pemerintah terus melakukan berbagai langkah antisipatif lonjakan inflasi. Kali ini Dinas Pertanian Bombana sukses melaksanan panen raya bawang merah di Desa Tampabulu Kecamatan Poleang Utara.

Baca Juga: Beasiswa Tidak Mampu dan Berprestasi untuk Mahasiswa Bombana

Panen raya itu merupakan buah dari penyaluran bantuan bibit bawang merah yang diserahkan pemerintah pada petani beberapa bulan lalu.

Panen perdana dan training of trainer bawang merah biji (TSS) varietas SANREN F1 merupakan benih bawang varietas terbaru dari cap panah Merah,  bekerja sama dengan kelompok tani dan mahakam group.

Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin mengatakan, pemda terus gencar melakukan program penanganan Inflasi agar masyarakat dapat menikmati harga pangan yang terjangkau.

"Panen ini sebagai salah satu rangkaian penanganan inflasi di daerah kita, hal ini tentunya sesuai dengan instruksi Presiden RI di tahun 2023 ini difokuskan pada penanganan inflasi, sehingga kondisi inflasi di daerah tetap stabil,” kata Burhanuddin, Jumat (24/2/2023).

Komoditas bawang merah menjadi program prioritas dalam pencegahan inflasi dan hasil pembibitan bawang merah masyarakat Desa Tampabulu itu dianggap memuaskan. sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pertanian Bombana, Muhammad Siarah.

Baca Juga: RKPD 2024 Dibahas, Pj Bupati Bombana Minta Perencanaan Sesuai SDA dan Potensi Daerah

Pihaknya terus memprogramkan pengembangan komoditas unggulan di masyarakat demi mencegah inflasi dengan terus melakukan kerja-kerja inovatif, melahirkan masyarakat yang mandiri pangan.

"Salah satu contoh adalah panen bawang ini, komoditas ini adalah salah satu komoditas sayuran unggulan dalam kebutuhan dapur, olehnya itu kita programkan. Selain itu bawang merah ini menjadi bahan pokok yang diawasi dalam penekanan laju inflasi," terang Siarah.

Beberapa waktu lalu, Pj Bupati Bombana juga telah meninjau beberapa lokasi perkebuanan hortikultura lainnya seperti tanaman cabai, kacang panjang, terong. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga