Puluhan Siswa SLB se-Sulawesi Tenggara Unjuk Kreativitas dalam LKS

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 26 Juni 2024
0 dilihat
Puluhan Siswa SLB se-Sulawesi Tenggara Unjuk Kreativitas dalam LKS
Kain batik hasil karya Aliani, siswi SLB Negeri 1 Konawe Selatan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Puluhan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sulawesi Tenggara unjuk kreativitas dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Hotel Kubra Kendari, sejak Selasa (25/6/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sulawesi Tenggara unjuk kreativitas dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Hotel Kubra Kendari, sejak Selasa (25/6/2024).

Diketahui, ada 9 lomba yang diikuti oleh siswa SLB, yakni lomba kecantikan, hantaran, kreasi barang bekas, IT, membatik, tata boga, menjahit, merangkai bunga, dan kriya kayu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin mengatakan, peserta lomba untuk SLB ini diikuti 25 siswa yang masing-masing didampingi oleh gurunya.

"Selanjutnya pemenang lomba akan mengikuti lomba pada tingkat nasional," ujar Yusmin.

Baca Juga: 62 Ribu Siswa-Guru SMA, SMK dan SLB di Sultra Partisipasi Peduli Lingkungan

Yusmin menambahkan, perlombaan ini sebagai salah satu upaya pengembangan minat, bakat dan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang keterampilan.

Tata rias wajah siswi SLB Negeri 1 Konawe Selatan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Lanjut Yusmin, melalui kegiatan perlombaan itu, diharapkan peserta didik berkebutuhan khusus mampu mengembangkan potensi dan bakat pada keterampilan untuk mencapai kemandirian setelah menyelesaikan pendidikannya.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Salurkan Bantuan 200 Siswa SMA/SMK/SLB di Kolaka Timur

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto mengatakan, merujuk pada Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016, para penyandang disabilitas mendapat hak untuk memiliki pekerjaan. Peluang bekerja di instansi pemerintah sebanyak 2 persen dan sektor swasta sebesar 1 persen dari total pekerja.

"Sehingga lomba kompetensi siswa bagi para siswa SLB untuk menciptakan kesetaraan antar siswa," ungkapnya.

Pj. Gubernur juga juga mengapresiasi Kadis Dikbud, para kepala sekolah serta para guru atas dedikasi pengabdian menjadi pahlawan pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM di Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga