Quick Count THI: Ini 6 Caleg DPR RI Dapil Sultra yang Lolos ke Senayan, 2 Pendatang Baru

Ayu Safitri, telisik indonesia
Kamis, 15 Februari 2024
0 dilihat
Quick Count THI: Ini 6 Caleg DPR RI Dapil Sultra yang Lolos ke Senayan, 2 Pendatang Baru
Hasil perolehan suara Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra) berdasarkan hitung cepat The Haluoleo Institut. Foto: Ist.

" Lembaga Survei The Haluoleo Institut (THI) baru saja merilis hasil quick count (hitung cepat) suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Lembaga Survei The Haluoleo Institut (THI) baru saja merilis hasil quick count (hitung cepat) suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kamis (15/2/2024)

Untuk hasil DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan hasil quick count terdapat Incumbent (Petahana) dan pendatang baru.

Untuk petahana masing-masing unggul dengan tingkat keterpilihan yakni Tina Nur Alam (Nasdem) 34,34 persen, Bahtra (Gerindra) 36,37 persen, Rusda Mahmud (Demokrat) 40,06 persen, dan Ridwan Bae (Golkar) 57,68 persen.

Baca Juga: Jaelani Ungguli Para Incumbent dalam Perolehan Suara DPR RI Sulawesi Tenggara

Sedangkan pendatang baru yakni Ahmad Safei (PDIP) dengan tingkat keterpilihan 38,82 persen dan Jaelani (PKB) dengan tingkat keterpilihan 77,67 persen.

Perolehan ini berdasarkan hasil hitung cepat dari total suara yang masuk sebesar 77,15 persen.

Direktur Eksekutif THI, Naslim mengatakan, hal ini cukup mengagetkan karena dari hasil tersebut, diketahui Ketua DPW PKB Sultra Jaelani dan Ahmad Safei, mantan Bupati Kolaka yang menjadi pendatang baru yang lolos ke senayan.

Keduanya menggeser Hugua dan Fachry Pahlevi Konggoasa dari (PAN) yang tidak lagi mencalonkan diri.

Baca Juga: Hasil Quick Count DPR Dapil Sulawesi Tenggara: PDIP Hanya Peroleh 2.314, Satu Caleg Sampai Seribu Suara

Menurut Naslim, tingginya dua suara dari pendatang baru di DPR RI ini dipengaruhi oleh kedekatan emosional terhadap para pemilih.

"Kalau dilihat antara Kolaka Raya, Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Kendari memberi dampak terhadap perolehan suaranya, juga perbedaan antara DPR RI dan Lokal pada basis dan gerakan, ini lah mungkin salah satu sebab yang membuat raupan suara dari Ahmad Safei cukup signifikan di DPR RI," bebernya dalam siaran pers, Kamis, (15/2/2024)

Diketahui, quick count THI ini dilakukan dengan tehnik Multistage Random Sampling/Pantauan Langsung di 477 tempat pemungutan suara (TPS) dari 8157 atau 5,8 persen TPS serta sampling error kurang lebih 1 persen. (C)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga