Raih Nilai 905, Kendari Menuju Predikat Utama Kota Layak Anak

Aris Mantobua, telisik indonesia
Kamis, 09 Juni 2022
0 dilihat
Raih Nilai 905, Kendari Menuju Predikat Utama Kota Layak Anak
Kota Kendari berhasil memperoleh nilai 905 poin Kota Layak Anak dalam Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH), Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Kota Kendari berhasil memperoleh nilai 905 poin Kota Layak Anak (KLA) dalam Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari berhasil memperoleh nilai 905 poin Kota Layak Anak (KLA) dalam Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Kamis, (9/6/2022). Nilai tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan pihaknya telah melakukan upaya dalam mewujudkan kota layak huni, khususnya KLA di Kota Kendari. Proses penilaian kota layak anak mempunyai beberapa indikator dalam mencerminkan implementasi atas 5 kluster substansi konvensi hak anak.

Sulkarnain menegaskan pihaknya dalam mewujudkan KLA tidak hanya sekedar memenuhi standar adminstratif, tetapi KLA tersebut dibuat untuk dirasakan langsung oleh anak-akan yang ada di Kota Kendari.

"Salah satu yang membanggakan tentu, ketua forum anak tingkat nasional dipimpin langsung oleh anak Kota Kendari untuk periode 2021-2025," kata Sulkarnain, Kamis (9/6/2022).

Ditempat yang sama, Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kota Kendari Ridwansyah Taridala, menjelaskan implementasi dari KLA harus memenuhi 24 indikator yang terbagi dalam 5 kluster dalam memenuhi hak anak itu sendiri.

Pemenuhan kluster hak anak tersebut antara lain:

Baca Juga: Inner Ring Road Urai Kemacetan di Kota Kendari, Target Rampung Oktober

1. Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak

2. Pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif

3. Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan

4. Pemenuhan hak anak atas pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya

5. Perlindungan khusus anak

"Untuk memenuhi kategori KLA tentu harus memenuhi beberapa indikator tersebut," terangnya.

Sekda Kota Kendari itu menerangkan hasil penilaian mandiri menggunakan indikator yang ada sehingga Kota Kendari berhasil mengumpulkan nilai 905 poin angka ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 737 poin.

"Tahun 2021 Kota Kendari berhasil meraih penghargaan kota layak anak kategori Nindya, semoga tahun 2022 bisa semakin baik,” harapnya.

Baca Juga: Kebakaran Susulun Nyaris Terjadi di Kampung Mandiri Energi TPA Puuwatu

Sementara itu, Kadis P3APPKB Sulawesi Tenggara, Andi Tenri Rawe Silondae mengharapkan kerjasama antara semua stakeholder dalam mewujudkan KLA tentu bisa terus dimaksimalkan.

Dengan perolehan poin 905 ia mengharapkan Kota Kendari bisa menjadi KLA dengan predikat utama.

"Semoga dengan perolehan poin yang lebih tinggi ini, dari 737 menjadi 905 Kota Kendari bisa memperoleh predikat utama KLA" harapnya.

Sebagai informasi apresiasi pelaksanaan kota layak anak di daerah itu sendiri diberikan dalam 5 kategori, mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan kabupaten/kota Layak Anak. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga