Ratusan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Tes Kebugaran Jasmani

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Ratusan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Tes Kebugaran Jasmani
Suasana pelaksanaan pengukuran tes kebugaran jasmani di Stadion Betoambari Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak 145 orang dari total 173 calon jemaah haji di Kota Baubau melaksanakan pengukuran kebugaran di Stadion Betoambari, Sabtu (29/4/2023) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 145 orang dari total 173 calon jemaah haji di Kota Baubau melaksanakan pengukuran kebugaran di Stadion Betoambari, Sabtu (29/4/2023).

Ukuran kebugaran itu secara terukur kualitas jantung, paru-paru dan otot-otot baik dalam beraktifitas. Untuk itu diingatkan kepada calon jemaah haji agar setelah selesai Salat Subuh upayakan melakukan aktifitas, tujuannya agar mencapai kebugaran yang baik untuk melaksanakan ibadah haji.

Tahun ini jemaah calon haji usia lanjut di atas 60 tahun untuk tahun 2021, 2022 dan 2023 diberangkatkan. Sekitar 172 jemaah calon haji ditambah 1 migrasi dari Kabupaten Bombana sehingga jumlahnya menjadi 173 orang dan baru 145 yang lakukan pemeriksaan tes kesehatan.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Kota Baubau Belum Stabil Pasca Idul Fitri

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr Lukman, tes kebugaran merupakan bagian dari rangkaian persiapan jemaah calon haji di seluruh Indonesia.

"Nantinya ketika di sana, 1 ring jaraknya 300 sampai 400 meter kalau berada di ring 2 dan ring 3, penginapan kita sekitar 800 meter sampai 1 kilometer, sehingga memang kebugaran fisik dibutuhkan," ucapnya.

Ibadah haji tahun ini mulai pemberangkatan untuk petugas panitia penyelenggara ibadah haji pada 20 Mei 2023 untuk mempersiapkan calon jemaah yang akan ke Masjidil Haram. Tanggal 23 Mei atau 24 Mei 2023, kloter pertama dari Indonesia akan diberangkatkan.

Untuk Kota Baubau merupakan bagian dari kelompok pertama dan akan berangkat sekitar Minggu pertama atau ke dua pada Juni. Tes kebugaran yang dilakukan dengan metode rockport dengan jarak 1,6 Km dilakukan bukan dengan berlomba dilakukan dengan santai jika bisa berlari kecil bisa berjalan, bagi yang punya keterbatasan tesnya 6 menit, bagi yang mampu 12-15 menit.

Ia berharap 29 calon jemaah haji yang belum mengikuti tes kebugaran untuk segera disampaikan untuk dites kesehatannya. Kalaupun tidak bisa berangkat agar diinformasikan kepada Kementerian Agama agar penggantinya bisa disiapkan supaya masih punya waktu mempersiapkan laporan kesehatan, vaksinasi dan administrasi lainnya.

Baca Juga: Akibat Pohon Besar Tumbang, Kios Rusak, Listrik Padam dan Akses Jalan Terhambat di Baubau

Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse memberi apresiasi kepada seluruh penyelenggara, mulai dari Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama yang sudah memfasilitasi agar bisa secara maksimal melaksanakan ibadah haji di tanah suci yang akan berangkat di awal Juni mendatang.      

Salah seorang calon jemaah haji, Razia mengaku dulu pernah mengalami penyakit jantung dan asam urat sehingga dibatasi hanya 6 menit saja karena memiliki keterbatasan.

"Untuk tes kesehatan tinggal suntik menginitis pada akhir Mei sebelum berangkat haji agar daya tahan tubuh kami kuat," ujarnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga