Ratusan Guru Kolaka Timur Ikut Sosialisasi Rekrutmen PPPK

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 09 Mei 2023
0 dilihat
Ratusan Guru Kolaka Timur Ikut Sosialisasi Rekrutmen PPPK
Penyerahan SK GBPNS tahun 2023 secara simbolis kepada guru oleh Plt Bupati Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Ratusan guru mengikuti sosialisasi rekrutmen PPPK untuk jabatan fungsional di Kabupaten Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan guru mengikuti sosialisasi rekrutmen PPPK untuk jabatan fungsional di Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (9/5/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Pemda Kolaka Timur juga menyerahkan SK pengangkatan untuk tahun 2023 kepada guru bukan pegawai negeri sipil (GBPNS) sebanyak 723 orang, di mana untuk jenjang TK 24 orang, SD 480 orang dan SMP 219 orang.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, sebagai GBPNS mempunyai tugas yang tidak berbeda dengan rekan-rekan guru ASN di sekolah.

Baca Juga: Deker Tinggi Rawan Kecelakaan Diperbaiki Pemda Muna Barat

"Sehingga kesejahteraannya juga menjadi perhatian kami pemerintah daerah," ujarnya.  

Azis menekankan selain kesejahteraan, mutu pendidikan dan terpenuhinya tenaga pendidik juga tak kalah penting dalam menunjang sistem pendidikan di Kabupaten Kolaka Timur.

Menurut Azis, guru merupakan pendidik profesional yang bertugas mengajar, membimbing, melatih serta mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

"Guru menjadi subjek paling penting dalam keberlangsungan pendidikan di Indonesia dan tentunya termasuk di Kolaka Timur," ungkapnya.

Ia menambahkan beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Kolaka Timur terus berusaha memenuhi kebutuhan guru pada setiap satuan pendidikan, baik melalui rekrutmen CPNS maupun melalui rekrutmen PPPK seperti yang dilaksanakan 2 tahun terakhir ini.

Azis menjelaskan pada tahun 2022, Kolaka Timur telah membuka formasi guru PPPK sebanyak 778 formasi dengan berbagai disiplin ilmu yang ada.

"Selanjutnya pada tahun 2023 ini kita tetap melaksanakan rekrutmen PPPK untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi di tahun sebelumnya," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan untuk optimalisasi dan persiapan rekrutmen ini, maka peserta diundang pada hari ini untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang perlu disiapkan sehingga tidak ada kendala pada proses rekrutmen, dan bisa lulus sebagai PPPK pada jabatan guru.

Azis berharap, baik guru PPPK maupun guru bukan pegawai negeri sipil harus benar-benar melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin, pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan pro aktif dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.

"Serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila," tutupnya.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Kabupaten Kolaka Timur Terendam Banjir

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Herman Amin L mengatakan, bagi GBPNS yang telah lulus PPPK direkrutmen 2022, silahkan selesaikan administrasi yang diperlukan untuk penerbitan NIK PPPK sampai penerimaan SK PPPK.

"Dan untuk GBPNS yang belum lulus di rekrutmen PPPK 2022, maka siapkan diri untuk rekrutmen tahun 2023 ini," jelasnya.

Herman berharapan semua GBPNS bisa lulus dan bergabung sebagai ASN guru Kabupaten Kolaka Timur. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga