Reshuffle Kabinet Menguat, Jokowi Didesak Ganti 5 Menteri Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 15 April 2021
0 dilihat
Reshuffle Kabinet Menguat, Jokowi Didesak Ganti 5 Menteri Ini
Presiden Jokowi. Foto: Repro Menpan.go.id

" Sulit diganti, tapi mestinya diganti. Karena BUMN banyak yang hancur terlilit utang. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar reshuffle atau perombakan kabinet Joko Widodo - Ma'ruf Amin semakin terang setelah peleburan Kemenristek ke Kemendikbud dan pembentukan Kementerian Investasi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin menilai, ada sejumlah menteri yang menurutnya layak diganti.

Ujang menyebut, menteri yang mesti diganti Jokowi adalah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Koperasi, dan UKM (Menkop dan UKM) Teten Masduki, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dia menilai, deretan nama menteri tersebut dianggap tidak bisa menampilkan performa terbaiknya sebagai menteri.

"Yang kinerjanya dianggap memble," kata Ujang dilansir Suara.com jaringan Telisik.id, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Pemerintah Tolak Beri Bantuan Kepada Warga Pulau Masudu Bombana

Ujang mencontohkan dengan sosok Erick Thohir yang menjabat sebagai Menteri BUMN sejak 23 Oktober 2019. Meski Erick disebut akan sulit digantikan, tetapi menurutnya harus ada orang baru yang dapat menyembuhkan penyakit di badan BUMN.

"Sulit diganti, tapi mestinya diganti. Karena BUMN banyak yang hancur terlilit utang," ujarnya.

Ujang juga menyinggung soal pos Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang kini dipimpin Nadiem Makarim. Ia berpendapat, pos Kemendikbud itu sejatinya dipimpin oleh sosok yang benar-benar memahami dunia pendidikan.

"Nadiem itu orang yang hebat. Hebat di per-Gojek-an. Tapi dianggap enggak beres dalam mengurus pendidikan. Makanya kebijakan-kebijakannya banyak yang kontroversial," katanya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga