Resmi Rilis di Indonesia, Ini Prediksi Kelemahan Samsung Galaxy S21 FE

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 04 Januari 2022
0 dilihat
Resmi Rilis di Indonesia, Ini Prediksi Kelemahan Samsung Galaxy S21 FE
Samsung resmi memperkenalkan keluaran terbarunya yakni Galaxy S21 FE. Foto: Repro detik.com

" Samsung resmi merilis Galaxy S21 FE pada awal tahun ini. Merek terbaru samsung ini memiliki berbagai tampilan warna yang menarik "

JAKARTA, TELISIK.ID - Samsung resmi merilis Galaxy S21 FE pada awal tahun ini. Merek terbaru samsung ini memiliki berbagai tampilan warna yang menarik serta memiliki perubahan desain yang lebih baru dari pendahulunya.

Namun di samping itu, ternyata Galaxy S21 FE juga memiliki kekurangan dan kelebihan didalamnya.

Mengutip liputan6.com, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menuturkan, Galaxy S21 FE hadir dengan komponen yang hampir mendekati lini Galaxy S21.

"Dari segi desain kami pertahankan, karena konsumen menyukai contour cut. Selain itu, dari sisi layar, S21 FE sudah menggunakan Dynamic AMOLED 2X, dari biasanya Super AMOLED," tutur Verry menjelaskan saat konferensi pers virtual.

Lebih lanjut Verry menuturkan, layar Galaxy S21 FE sudah memiliki touch response rate 240Hz dan refresh rate 120Hz. Samsung juga membenamkan pemindai sidik jari di layar pada Galaxy S21 FE.

Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,4 inci beresolusi FHD Plus. Menurut Verry, keputusan menghadirkan layar 6,4 inci tidak lepas dari masukan konsumen yang merasa ukuran tersebut terbilang nyaman digenggam, ditambah dengan bezel lebih tipis.

Beralih ke spesifikasi, Galaxy S21 FE menggunakan chipset yang sama dengan lini HP Android Galaxy S21, yaitu Exynos 2100. Untuk konfigurasi memori yang tersedia di Indonesia, ada RAM 8GB dengan memori internal 128GB dan RAM 8GB dengan memori internal 256GB.

Sebagai pendukung performanya, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500mAh. Samsung membekali Galaxy S21 FE dengan kemampuan pengisian daya kabel 25W, wireless charging 15W, serta Wireless Powershare.

Dikutip dari ngopibareng.id, Samsung Galaxy S21 FE segera akan menggantikan kedigdayaan Galaxy FE 20 FE sebentar lagi. Inilah telpon pintar andalan Samsung yang bisa diharapkan menjadi "flagship killer" seperti seri sebelumnya.

Tapi apakah spesifikasi Samsung S21 FE yang konon akan menyaoa pasar Agustus mendatang akan sebagus Galaxy S20 FE? Apa yang akan dikorbankan Samsung untuk mengusung seri terbaru Galaxy S di tahun 2021 ini? Apa saja kelemahannya?

Dilansir dari Sammobile.com, setidaknya ada 6 hal yang akan membedakan Samsung Galaxy S21 FE dengan Galaxy S20 FE. Tentu dengan harga yang dibandrol sekitar USD 300-400 atau sekitar Rp 4-5 Juta, pasti ada yang harus dikorbankan. Berikut rinciannya:

1. Tanpa Kecepatan Refresh Adaptif

Samsung hampir dipastikan tak akan menurunkan kecepatan refresh layarnya dari  120Hz ke 90Hz. Namun, Samsung dapat kembali ke layar dengan kecepatan refresh tetap (artinya akan berjalan pada 60Hz atau 120Hz) ketimbang menggunakan teknologi kecepatan refresh adaptif (yang dapat berjalan pada 48Hz, 60Hz, 96Hz, dan 120Hz pada S21 dan S21 + dan juga pada 10Hz pada S21 Ultra).

2. Telefoto 8MP Bukan Kamera 64MP dan Tanpa Perekaman Video 8K

Samsung akan membawa lensa telefoto 8MP 3x dari Galaxy S20 FE ke Galaxy S21 FE. Lensa ini terbukti berfungsi dengan dengan baik. Bahkan, kamera ini mampu menghasilkan foto yang lebih tajam pada zoom 10x. Ini lebih oke dibanding kamera telefoto 64MP S20 dan S20 +. Galaxy S21 FE tak akan menyertakankan dukungan  perekaman video 8K.

3. Kamera Selfie Berkualitas Rendah 

Seperti Galaxy S20 FE, S21 FE dikabarkan akan menampilkan kamera depan 32MP alih-alih kamera Dual Pixel 10MP yang ditemukan pada S21 dan S21 + (dan juga S20 dan S20 + tahun lalu). Ini berarti penurunan peringkat lain yang dapat dianggap tak terelakkan.

4. Polikarbonat di Bagian Belakang 

Ini adalah "downgrade" yang sudah dibuat Samsung dengan Galaxy S21, dan tidak diragukan lagi akan diterapkan pada Galaxy S21 FE juga. Jika plastik di belakang Galaxy S21 FE sama seperti yang ada di S20 FE, itu akan menjadi hal yang baik.

5. Tanpa Slot MicroSD 

Pengorbanan lain yang telah dilakukan Samsung dengan seluruh jajaran Galaxy S21 adalah ekspansi microSD. Jika slot microSD hilang pada Galaxy S21 FE, maka ponsel Fan Edition yang baru juga akan mengalami penurunan versi dari pendahulunya. Ini akan menjadi masalah.

Baca Juga: Ternyata Ini Sebabnya Sinyal Ponsel Sering Lemot Saat Hujan

Namun, Samsung tampaknya sedang bergerak menuju filosofi penyimpanan-onboard-atau-cloud untuk semua andalannya. Nah, karena S21 FE diharapkan menjadi ponsel andalan juga, maka kita perlu siap-siap untuk itu. 

6. RAM dasar lebih rendah 

Galaxy S21 dan S21 + hadir dengan RAM 8GB, baik untuk varian penyimpanan 128GB atau varian 256GB. Nah, S21 FE akan hadir dengan 6GB dan 8GB seperti S20 FE. Modul memori tidak terlalu mahal untuk pabrikan saat ini. Namun tampaknya Samsung ingin mengatakan jika S21 dan S21 Plus tetap jadi pilihan terbaik. (C)

Baca Juga: Ini Cara Terbaru Dapatkan Uang dari TikTok, Bisa Jadi Sultan

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga