Rumah di Muna Barat Porak Poranda karena Angin Puting Beliung

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 05 Maret 2024
0 dilihat
Rumah di Muna Barat Porak Poranda karena Angin Puting Beliung
Kondisi rumah warga Desa Gala yang diterjang angin puting beliung. Foto: Ist.

" Rumah seorang warga Desa Gala, Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat, diporak-porandakan angin puting beliung, Senin (4/3/2024) dini hari "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Rumah seorang warga Desa Gala, Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat diporak-porandakan angin puting beliung, Senin (4/3/2024) dini hari.

Diketahui, rumah tersebut milik Rusna (31), mengalami kerusakan parah. Hal ini dikatakan oleh Kepala Desa Gala, Sirajuddin bahwa pihaknya mengetahui kejadian tersebut setelah diberitahu oleh warga setempat.

Untuk itu, pihak pemerintah desa langsung mengarah ke lokasi kejadian untuk memastikan informasi tersebut. Angin kencang yang menerjang rumah warga itu saat pemilik rumah tertidur lelap di waktu subuh.

"Akibat terjangan angin tersebut, atap dan kayu rumah korban mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian dapur. Sebelah atapnya terangkat dengan kayu-kayunya,” ujarnya via WhatsApp, Senin (4/3/2024).

Ia mengaku, untuk kronologi kejadian secara detail dirinya belum dapat memastikan, tetapi pihaknya telah melaporkan pada pemerintah kecamatan dan kepolisian untuk ditinjau langsung, dan kejadian tersebut tak memakan korban jiwa namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah yakni sekira Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Baca Juga: Satu Rumah di Muna Barat Rusak Akibat Angin Kencang

Sementara itu, Camat Maginti Syahrir mengaku setelah mendengar peristiwa yang menimpa rumah milik seorang janda 4 orang anak tersebut, pihaknya pun langsung mengunjungi rumah tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapatkan kejadiannya sekira pukul 03.30 wita dini hari disertai dengan hujan. Awalnya, pemilik rumah sedang tertidur pulas, tiba-tiba dikagetkan dengan suara keras di bagian atap tepatnya di dapur dihantam angin puting beliung hingga terangkat atap dan tiangnya.

“Beruntung mereka tidurnya di bagian ruangan depan rumah,” ungkapnya.

Atas kejadian ini, pihaknya sedang menunggu laporan dari pihak pemerintah desa mengenai data korban dan kronologis kejadian lengkapnya untuk dilaporkan ke pihak kepolisian dan pemerintah daerah agar mendapatkan bantuan sosial dari pihak terkait.

Baca Juga: Puluhan Rumah Warga Desa Tongauna Kolaka Timur Diterjang Angin Puting Beliung

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna Barat, Karimin melalui Kabid Peralatan dan Logistik, Burhanuddin, bakal memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk turun langsung ke lapangan guna melakukan kajian kebutuhan dasar dan mengidentifikasi data korban serta memastikan berapa kerugian yang dialami atas peristiwa tersebut.

Pihaknya juga akan akan menunggu laporan dari pemerintah desa setempat terkait kronologis kejadian, pihaknya akan segera memberikan bantuan demi mengurangi beban korban.

“InsyaAllah besok tim kami akan turun langsung di lapangan," tandasnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga