Kementerian Kelautan Bangun Pasar Ikan Higienis di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 02 April 2022
0 dilihat
Kementerian Kelautan Bangun Pasar Ikan Higienis di Muna
PPTK KKP meninjau lokasi pembangunan pasar ikan higienis. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,1 miliar untuk pembangunan pasar ikan higienis di Kabupaten Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,1 miliar untuk pembangunan pasar ikan higienis di Kabupaten Muna.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Muna, La Kusa menerangkan, pembangunan pasar ikan itu didapat melalui usulan propasal. Pasar yang dibangun permanen dengan jumlah etalase (lapak) sebanyak 135 sesuai dengan jumlah pedagang ikan.

"Etalasenya kita akan siapkan dengan cadangan," kata La Kusa, Sabtu (2/4/2022).

Lokasi pembangunan pasar, di eks tempat pelelangan ikan (TPI) Pasar Laino dengan ukuran besar bangunan 16 x 36 meter. Untuk limbah air, pengelolaannya secara modern, sehingga limbah yang dibuang ke laut tidak akan merusak biota laut.

Baca Juga: Muna Masuk Major Projects Bappenas

"Untuk sampah padat akan diolah menjadi pupuk," ujarnya.

Pihak KKP bersama kontraktor CV Adrian Makassar telah turun meninjau lokasi pembangunan.

Baca Juga: Sekda Cilacap Jateng Rupanya Kakak dari Istri Bupati Muna

Harun, Pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan (PPTK) mengaku, telah menentukan titik nol lokasi pembangunan. Penentuan itu, tanda dimulainya pembangunan yabg akan dilakukan kontraktor CV Adrian Makassar.  

"Waktu pelaksanaanya 180 hari kalender, ditarget tuntas di bulan Agustus," sebutnya.

Setelah pembangunannya selesai, KKP akan menyerahkan aset itu ke Pemkab Muna untuk dikelola. Sesuai rencana, peresmian akan dilakukan langsung oleh Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Artati Widiarti. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga