Rumah Sakit Jiwa Jadi Cadangan Tempat Penanganan Pasien COVID-19

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 18 September 2020
0 dilihat
Rumah Sakit Jiwa Jadi Cadangan Tempat Penanganan Pasien COVID-19
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Ada juga cadangan di Rumah Sakit Jiwa untuk penanganan pasien COVID-19. Mohon maaf ini dipahami bukan karena mereka gangguan jiwa. Termasuk terakhir ada juga di SMA Angkasa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sultra bakal menjadi tempat cadangan penangangan pasien COVID-19.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, perencanaan menjadikan RSJ sebagai tempat cadangan perawatan khusus pasien COVID-19 itu dilakukan mengingat RSUD Kota Kendari sudah penuh.

"Ada juga cadangan di Rumah Sakit Jiwa untuk penanganan pasien COVID-19. Mohon maaf ini dipahami bukan karena mereka gangguan jiwa. Termasuk terakhir ada juga di SMA Angkasa," katanya kepada awak media, Kamis (17/9/2020).

Selama ini kata Sulkarnain, dalam penanganan COVID-19, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan Rumah Sakit Bahteramas, termasuk dalam penyediaan gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Sultra sebagai ruang perawatan khusus pasien COVID-19.

Baca juga: Hari Ini, Jumlah Positif COVID-19 di Sultra Bertambah 15 Orang, Total 2.058 Kasus

"Kemarin sudah ada pemanfaatan dan kerjasama kita apa yang dikelola oleh provinsi dan Kota Kendari sudah tuntas, sehingga sebagiannya kita sudah tempatkan di Bapelkes," tambahnya.

Selain itu, ia juga berharap masyarakat bisa menjaga jarak, memakai masker serta rajin cucu tangan, sehingga jumlah pasien COVID-19 tidak bertambah lagi.

"Kita sampaikan kepada seluruh masyarakat jika ada yang dirasakan yang tidak biasa dari sisi fisik dan kesehatan agar melakukan pemeriksaan, karena lebih cepat tahu kondisi kesehatan itu lebih baik," harapnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga