Sajikan Menu Variatif Berbahan Ikan, Kecamatan Puuwatu Kota Kendari Juara 1

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 21 Juli 2022
0 dilihat
Sajikan Menu Variatif Berbahan Ikan, Kecamatan Puuwatu Kota Kendari Juara 1
Para pemenang lomba berfoto bersama usai menerima hadiah yang diserahkan Wali Kota dan ketua TP PKK Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kecamatan Puuwatu keluar sebagai juara 1 lomba masak serba ikan yang digelar Dinas Perikanan Kota Kendari bekerjasama dengan Tim Penggeraknya PKK Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK. ID - Kecamatan Puuwatu keluar sebagai juara 1 lomba masak serba ikan yang digelar Dinas Perikanan Kota Kendari bekerjasama dengan Tim Penggeraknya PKK Kota Kendari. Kegiatan ini digelar di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (21/7/2022).

Kecamatan Puuwatu keluar sebagai juara setelah mengalahkan 10 kecamatan lainnya dengan selisih tipis dengan Kecamatan Kambu  yang berada di posisi kedua dan Kecamatan Mandonga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, Kecamatan Puuwatu mendapatkan nilai lebih karena mampu menyajikan makanan yang cukup variatif dan menarik dengan gizi seimbang.

"Menarik dari bentuknya, rasanya juga enak. Saya fokus di kudapan. Dari sisi kudapan itu benar-benar dapat dia," ungkap Sri Lestari.

Ketua Dekranasda Kota Kendari ini mengaku, Puuwatu yang keluar sebagai juara di luar prediksi, sebab biasanya Kecamatan Kambu yang mendominasi, apalagi setelah mencicipi saus sambal dengan nama daerah sangat enak. Namun dewan juri yang melibatkan profesional dari chef dan guru tata boga sehingga hasilnya bisa menunjukkan kualitas.

Wali Kota Kendari menyerah piala pada Kecamatan Puuwatu sebagai juara 1 lomba masak serba ikan. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Dia berharap menu yang disajikan para peserta tidak hanya ditampilkan dalam lomba namun bisa dipasarkan ke masyarakat sehingga bisa dinikmati dan memberikan manfaat ekonomi.

Ketua TP PKK Kecamatan Puuwatu, Cinthya Cindy Alfian menjelaskan, menu yang mereka sajikan merupakan ide dari tim PKK kelurahan yang mereka kembangkan bersama. Dalam lomba itu Kecamatan Puuwatu menyajikan empat menu makanan serba ikan, terdiri dari dua menu utama, satu kudapan dan satu menu Balita.

Baca Juga: Minta ASN Introspeksi Diri, Wali Kota Kendari Dapat Serangan Balik

"Menu utamanya ikan lele bolu crispy bumbu sambal woku-woku dan ikan lele bolu crispy bumbu sambal mata. Menu balitanya donat ikan tenggiri sama kudapan dimsum ikan tenggiri," katanya.

Dia berharap dengan lomba itu masyarakat Kota Kendari semakin gemar makan ikan tentunya dengan menu yang bervariasi.

Lomba masak serba ikan ini mendapatkan dukungan dari Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. Dia meminta kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat karena akan muncul menu baru yang menarik serta bergizi.

Tim juri menilai menu masakan yang disajikan para peserta. Ketua TP PKK Kota Kendari mencicipi menu makanan yang disajikan peserta. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Menurutnya, Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari merupakan daerah yang memiliki potensi perikanan yang besar sehingga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat karena kaya akan protein.

"Ada perilaku kita yang aneh, saya pernah menjumpai kejadian unik ikannya dijual kemudian hasil penjualannya dibelikan mie instan, ini kan terbalik, ada yang bergizi tinggi tidak dimanfaatkan," katanya.

Ada juga kebiasaan masyarakat yang saat makan bersama, ikan harus terlebih dulu dikonsumsi sang bapak baru kemudian dikonsumsi anak, padahal seharusnya anak yang didahulukan karena masih membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk masa pertumbuhan, bersumber dari ikan.

Baca Juga: Masjid Husnul Khotimah SMAN 1 Kendari Bakal Jadi Masjid Umum

Pasangan Siska Karina Imran ini berharap para pemenang lomba bisa membagikan resepnya untuk bisa dinikmati masyarakat, sehingga bisa menciptakan masyarakat Kota Kendari yang sehat.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail menjelaskan, lomba ini digelar untuk terus mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemar Ikan).

"Tujuan dan sasaran yang diharapkan dari kegiatan hari ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan dasar ikan, kedua memperkenalkan ragam menu berbahan baku ikan ketiga menyebarluaskan kandungan dan manfaat ikan untuk kesehatan anak," jelasnya.

Para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, juara 1 Rp 4 juta, juara 2 Rp 3 juta dan juara 3 Rp 2,5 juta. (A-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Musdar

Baca Juga