Masjid Husnul Khotimah SMAN 1 Kendari Bakal Jadi Masjid Umum

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 21 Juli 2022
0 dilihat
Masjid Husnul Khotimah SMAN 1 Kendari Bakal Jadi Masjid Umum
Masjid Husnul Khatimah SMAN 1 Kendari yang nantinya bakal menjadi masjid umum. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" SMAN 1 Kendari saat ini membangun masjid yang diberi nama Masjid Husnul Khotimah dengan desain dua lantai, di mana pembangunannya telah mencapai 75 persen "

KENDARI, TELISIK.ID - SMAN 1 Kendari saat ini tengah berupaya melengkapi fasilitas serta sarana dan prasarana sekolah, termasuk fasilitas kerohanian.

Untuk itu, SMAN 1 Kendari saat ini membangun masjid yang diberi nama Masjid Husnul Khotimah dengan desain dua lantai, di mana pembangunannya telah mencapai 75 persen.

Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan mengatakan, fasilitasi masjid adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh sekolah. Karena itu menjadi sebuah simbol, bagaimana sekolah betul-betul merawat dan menjaga ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, dengan membangun rumah ibadah.

"Saya rasa sangat pantas dan layak jika masjid ada di sekolah, sehingga peribadahan menjadi lancar, terlebih dengan banyaknya siswa dan guru-guru. Akan sangat baik jika masjid ada di sekolah. Bahkan aktivitas keagamaan, seperti pesantren dan sebagainya, itu bisa dipusatkan di masjid," ungkapnya, Kamis (21/7/2022).

Selain itu, masjid tersebut bukan hanya digunakan oleh lingkup sekolah saja, tetapi masyarakat umum juga bisa menggunakan. Itulah mengapa posisi masjid diletakkan di depan sekolah agar warga sekitar juga bisa melihat dan beribadah disitu.

Baca Juga: Rp 30 Miliar Disiapkan untuk Pemeliharaan Jalan di Sulawesi Tenggara

Mantan Kepala SMAN 4 Kendari tersebut menyampaikan bahwa terkait anggaran pembangunan masjid, diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar, dengan anggaran penuh bersumber dari alumni, guru, orang tua siswa, dan siswa-sisiwi.

"Sebenarnya pembangunan masjid ini diinisiasi oleh para alumni. Dan memang semenjak saya masuk di sini, pembangunan masjid sudah dimulai. Tentu ini menjadi sebuah tanggung jawab bagi saya dan seluruh guru, bagaimana bisa menyelesaikan pembangunan masjid ini," jelasnya.

Pembangunan masjid ditargetkan akan rampung tahun ini, dengan anggaran bersumber dari seluruh elemen yang mempunyai kedekatan dengan SMAN 1 Kendari.

Namun pihak SMAN 1 Kendari tidak menutup diri jika ada pihak lain yang ingin ikut mendanai pembangunan masjid ini. Siapa saja bisa memberikan bantuan, karena masjid ini akan menjadi masjid bersama.

Salah satu guru, Eddy Wardoyo mengatakan, pembangunan masjid menjadi salah satu fasilitas utama yang kini digenjot oleh sekolah.

"Agar kami para guru dan juga siswa-sisiwi bisa melakukan ibadah tanpa harus ke luar sekolah untuk melakukan salat. Karena masjid yang ada sekarang, itu berada di luar lingkup sekolah. Sehingga pembangunan masjid ini menjadi sangat penting dan harus ada di lingkungan SMAN 1 Kendari," jelasnya.

Baca Juga: Tujuh Daerah di Sulawesi Tenggara Lolos Tahapan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi

Sementara itu, salah satu siswa kelas X Zaidan Adamsyah mengungkapkan rasa senang, jika masjid besar dan megah berada di lingkungan sekolah. Karena ini akan menjadi sebuah hal baik, untuk membawa semangat para siswa-siswi, untuk bisa melaksanakan ibadah.

"Jadi motivasi tersendiri buat kami para siswa-siswi, untuk bisa melaksanakan ibadah, karena masjid sudah ada di lingkungan sekolah," ujarnya.

Sekedar informasi, bagi masyarakat yang ingin membantu biaya pembangunan Masjid Husnul Khotimahi di SMAN 1 Kendari, bisa melalui rekening 001 02. 01. 003022-8 (Bank Sultra). (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga