Sandiaga Uno Habiskan Uang Rp 1 Triliun di Pilpres 2019, Kekayaannya Tidak Goyang

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Sandiaga Uno Habiskan Uang Rp 1 Triliun di Pilpres 2019, Kekayaannya Tidak Goyang
Sandiaga Uno mengaku biaya kampanye Pilpres 2019 hampir Rp 1 triliun, namun uang itu tak hanya berasal dari dirinya. Foto: Repro Okezone

" Sandiaga Uno mengaku mengeluarkan biaya kampanye sekitar Rp 1 triliun saat menjadi kontestan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sandiaga Uno mengaku, ia mengeluarkan biaya kampanye sekitar Rp 1 triliun saat menjadi kontestan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Diketahui, Sandiaga Uno maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo di Pilpres 2019.

Namun, Sandiaga menyatakan biaya tersebut telah dilaporkan dan diaudit oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta terekam dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Baca Juga: Anak Ahmad Dhani Al dan El Gabung Gerindra, Dukung Prabowo Capres 2024

“Mungkin dua tahun setelah Pilgub DKI itu, (biaya yang dikeluarkan) hampir Rp 1 triliun,” kata Sandiaga Uno dilansir dari Kompas.com.

Ia mengaku, biaya kampanye pemenangan Prabowo-Sandi kala itu tak hanya berasal dari dirinya. Tapi juga berbagai pihak yang mendukung pasangan calon tersebut.

“ya semua ikut berjuanglah. Tapi secara terbuka, saya melaporkan jumlah harta yang harus dilego untuk membiayai kampanye,” ujarnya.

Diketahui saat ini Sandi dipercaya menempati posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Ia juga telah menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Melansir CNBCIndonesia.com, berdasarkan laman e-LHKPN KPK, total kekayaan yang dilaporkan sebesar Rp 10,99 triliun. Laporan LHKPN saat ini dalam proses verifikasi.

Kekayaan mantan Wakil Gubernur Jakarta itu disebut naik sekitar Rp 300 miliar pada tahun 2022 dibanding hartanya pada 2021. Berdasarkan LHKPN 2021, Sandi memiliki harta Rp 10,61 triliun.

Baca Juga: Serangan Fajar di Pilkades Kolaka Utara Dikabarkan Tembus Rp 1,5 Juta Per Suara

Politisi ini memang juga merupakan seorang pengusaha. Bahkan, sebelum berkecimpung di dunia politik, pria yang akrab disapa 'Bang Sandi' tersebut telah lama berkiprah di dunia investasi dan pasar modal melalui PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG).

SRTG merupakan perusahaan holding sekaligus investasi yang resmi melantai di bursa domestik pada 26 Juli 2013. Perusahaan ini dibangun Sandi bersama anak pendiri Grup Astra International yaitu Edwin Soeryadjaya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga