Satgas COVID-19 Konsel Belum Dibekali Pengukur Suhu Tubuh

Musdar, telisik indonesia
Senin, 06 April 2020
0 dilihat
Satgas COVID-19 Konsel Belum Dibekali Pengukur Suhu Tubuh
Termometer, alat untuk pendeketsi suhu tubuh. Foto: Repro Google.com

" Semuanya masih on proses mudah-mudahan dari Dinas Kesehatan bisa segera menyediakan. "

KONSEL, TELISIK.ID - Di tengah upaya memutus mata rantai peredaran COVID-19 di jalur perbatasan antar wilayah, Satuan Tugas (Satgas) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) belum memiliki alat termometer untuk medeteksi suhu tubuh setiap orang yang masuk di wilayah itu.

Padahal, alat pengukur suhu tubuh ini sangat penting untuk mencegah masuknya virus asal Wuhan China ini di suatu wilayah.

Baca juga: Diawasi Ketat, 768 Penumpang KM Lambelu Tiba di Baubau

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan wabah virus COVID-19 Kabupaten Konawe Selatan, Annas Mas'ud, menerangkan beberapa perbatasan Konsel yang dilakukan pengawasan namun tak dilengkapi alat termometer meliputi Angata - Kabupaten Kolaka Timur, Tinanggea- Kabuapten Bombana, Amolengo- Kabupaten Buton Utara, Torobulu - Kabupaten Muna dan pintu masuk ke Kota Kendari.

"Semuanya masih on proses mudah-mudahan dari Dinas Kesehatan bisa segera menyediakan," ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (6/4/2020)

Baca juga: Lurah Punggaloba Bereaksi Cepat Dengar Warganya Positif COVID-19

Annas menerangkan mestinya setiap perbatasan memiliki alat pengukur suhu tubuh (termometer) agar, ketika masyarakat yang masuk di wilayah Konsel terdekteksi memiliki suhu tubuh 38°C (derajat celcius) untuk segera dilakukan penanganan difasilitas kesehatan mulai dari puskesmas.

"Idealnya setiap perbatasan harus memiliki satu alat termometer," tambahnya.

Baca juga: Rapid Tes Dinkes Sultra, Satu Orang Positif

Annas berharap agar pengadaan termometer segera direalisasikan mengingat peralatan ini penting sebagai tindakan pencegahan masuknya COVID-19.

"Untuk sementara alat termometer hanya ada di Rumah Sakit," pungkasnya.

Diketahui berdasarkan data Tim Gugus Satuan Tugas (Satgas) hingga Minggu (5/4/2020), untuk wilayah Konsel, Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkonfimasi 39 Kasus, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 Kasus, Positif dan Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak ada kasus.

 

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga