adplus-dvertising

Rapid Tes Dinkes Sultra, Satu Orang Positif

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 05 April 2020
5188 dilihat
Rapid Tes Dinkes Sultra, Satu Orang Positif
Tim surveilans dan tim sampling rapid tes dari Dinas Kesehatan Prov Sultra saat Periksaan Kepada Warga. Foto: Ist

" Coba kita bayangkan saja saat ini hari Minggu adalah hari libur atau istirahat bertemu keluarga, tapi Tim Satgas kesehatan khususnya tim sampling rapid tes mereka masih mengabdi dan bekerja untuk masyarakat dan daerahnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim Surveilans dan tim sampling rapid tes dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan rapid tes kepada warga Kelurahan Pondambea Kecamatan Kadia Kota Kendari, Minggu (5/4//2020).

Plt Kepala Dinas Kominfo Sultra Syaifullah menyampaikan, dari 62 orang yang diperiksa, terdapat 1 orang anak umur 1 tahun 4 bulan yang positif COVID-19  (hasil rapid tes) dan langsung diambil swabnya (air liur tenggorokan) untuk selanjutnya akan dikirim ke laboratorium di Makassar, sedangkan yang 61 orang dinyatakan negatif.

Baca juga: Pemkot Tangkis Kabar Satu Warga Punggaloba Positif COVID-19


"Kegiatan rapid tes tersebut dipimpin oleh ibu Kartina, SKM, M.Kes, dan pusatkan di RT. 02/ RW. 03 masjid Nurul Yaqin," tegasnya.

Kadis Kominfo juga menyampaikan bahwa, salah satu tim medis yang tidak mau disebutkan namanya, membenarkan jika 1 anak tersebut yang positif COVID-19 hasil rapid tes adalah keluarga dekat dari yang 4 orang yang sementara  terpapar positif COVID-19.

Baca juga: Video Viral: Satu Warga Pungaloba Kendari Positif COVID-19

Ia juga menjelaskan, jika kegiatan rapid tes tersebut mendapat apresiasi oleh Pj. Sekda Prov. Sultra, Laode Ahmad yang juga selaku Sekertaris Gugus Tugas COVID-19 Sultra yang telah bekerja cepat.

"Coba kita bayangkan saja saat ini hari Minggu adalah hari libur atau istirahat bertemu keluarga, tapi Tim Satgas kesehatan khususnya tim sampling rapid tes mereka masih mengabdi dan bekerja untuk masyarakat dan daerahnya," tuturnya.

Baca juga: Update Virus COVID-19 Sultra, Pasien Positif Bertambah 1 Orang

Kadis Kominfo menyampaikan, jika Pj. Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara akan mengusulkan kepada Gubernur Ali Mazi agar para tim medis rapid tes mendapatkan reward atau insentif sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) berdasarkan Permendagri yang kemarin telah terbit.

 

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga