Satgas Manggarai NTT Pulangkan 30 Pasien Sembuh

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 11 Juli 2021
0 dilihat
Satgas Manggarai NTT Pulangkan 30 Pasien Sembuh
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut saat hendak melepaskan pasien sembuh. Foto: Ist.

" Satuan Gugus Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya memulangkan pasien sembuh pasca dirawat intensif di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal Ruteng, Sabtu. "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Satuan Gugus Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya memulangkan pasien sembuh pasca dirawat intensif di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal Ruteng, Sabtu (10/7/2021).

"Sudah dipulangkan kemarin. Sekarang sisa 70 orang yang masih dirawat," kata Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, Ludovikus Moa saat dihubungi Telisik.id melalui pesan WhatsApp, Minggu (11/7/2021).

Untuk pasien yang masih dirawat itu, kata Moa, Satgas Manggarai berjanji akan terus memberikan pelayanan terbaik sampai mereka dinyatakan sembuh seperti 30 orang rekan-rekannya yang dipulangkan.

Pasien yang dinyatakan sembuh itu, katanya lagi, merupakan pasien yang sudah menjalani masa karantina selama 10 hari dan saat ini sudah tidak lagi menunjukan gejala COVID-19.

"Jadi itu dasar kami memulangkan pasien. Pasca menjalani masa karantina mereka tidak lagi menunjukan gejala COVID-19. Dengan demikian mereka sudah bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga," lanjut Juru Bicara yang juga menjabat Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Manggarai itu.

"Kami berharap pasien yang sudah dipulangkan itu tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat, sebab kita masih berada di status darurat pandemi, apalagi Manggarai berstatus zona merah," tambahnya.

Baca juga: Dokumen Kependudukan Gunakan TTE Tak Perlu Dilegalisir

Baca juga: Wabup Konawe Tegaskan Perekrutan Tenaga Kerja Tetap Lewat Pemkab

Untuk diketahui, kendati Satgas berani memulangkan pasien, masih ada 9 kecamatan di Kabupaten Manggarai beserta desa dan kelurahan yang masih berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

Pertama, Kecamatan Langke Rembong tersebar di Kelurahan Karot, Pitak, Compang Tuke, Golodukal, Pau, Bangka Nekang, Watu, Tenda, Satar Tacik, Carep dan Mbaumuku.

Kedua, Kecamatan Ruteng tersebar di Kelurahan Waebelang dan Poco Likang

Ketiga, Kecamatan Satarmese Utara tersebar di Desa Todo, Cireng, Nao

Keempat, Kecamatan Wae Rii tersebar di Desa Lalong, Golocador dan Longko

Kelima, Kecamatan Satarmese Barat tersebar di Desa Hilihintir, Cambir Leca, Terong dan Satarluju

Keenam, Kecamatan Rahong Utara tersebar di Desa Bangka Ajang, dan Bangka Ruang

Ketujuh, Kecamatan Cibal Barat tersebar di Desa Bangka Ara dan Lenda.

Kedelapan, Kecamatan Reok tersebar di Desa Robek

Kesembilan, Kecamatan Reok Barat tersebar di Desa Loce dan Sambi. (C-Adv)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga