Kisah Mantan Pangdam XIV Hasanuddin Loloskan Anak Kurang Mampu di Busel Jadi Tentara

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 18 Februari 2022
0 dilihat
Kisah Mantan Pangdam XIV Hasanuddin Loloskan Anak Kurang Mampu di Busel Jadi Tentara
Mantan Pangdam XIV Hasanuddin Andi Sumangerukka saat berkunjung ke Kabupaten Buton Selatan akhir tahun 2021. Foto: Ist.

" Kisah ini sempat diungkap warga saat kunjungan ASR di Busel beberapa waktu lalu "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang pemuda di Kabupaten Buton Selatan (Busel) akhirnya bisa mewujudkan cita-cita menjadi tentara setelah dinyatakan lulus beberapa tahun lalu.

Upaya sang pemuda yang tidak mau disebutkan identitasnya ini, tidak mudah, karena kedua orang tuanya harus berutang bahkan mengorbankan harta bendanya untuk mendukung sang anak menjadi anggota TNI.

“Jadi ada di Buton Selatan seorang anak yang lolos jadi tentara, di mana orang tuanya tidak begitu mampu. Namun saat itu orang tuanya rela mengutang jual aset agar anaknya lolos dan sudah menyetorkan uang agar anaknya lolos,” ungkap Koodinator Sahabat Andi Sumangerukka Buton, Rahman Pua, Kamis (17/2/2022).

Rahman Pua bercerita, kisah itu terjadi ketika Andi Sumangerukka (ASR) menjabat sebagai Pangdam  XIV Hasanuddin. Mendapatkan informasi seperti itu, kemudian Andi Sumangerukka menolak uang tersebut. Namun meloloskan anak itu menjadi anggota TNI Angkatan Darat.

“Tapi karena ASR tahu bahwa orang tuanya mau bayar, maka secara tegas ASR kembalikan uang itu. Dan menerima anak itu jadi anggota TNI, dan cerita itu meluas,” cerita Rahman Pua.

Baca Juga: Ada Guru Positif COVID-19, PTM di Konawe Dihentikan Sementara

Kisah ini sempat diungkap warga saat kunjungan ASR di Busel beberapa waktu lalu. Bahkan orang tua pemuda tersebut bertemu dengan ASR dan menyampaikan ucapan terima kasihnya langsung pada ASR.

Selain itu, Rahman Pua menambahkan, sangat banyak program ASR yang telah dirasakan oleh masyarakat Buton. Salah satunya bantuan rutin yang diberikan ASR yaitu sembako yang sangat membantu warga di masa pandemi.

Baca Juga: Wabup Muna Dukung Polisi Tuntaskan Kasus PCR

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Aku Sahabat Rakyat (ASR) itu memberikan bantuan kepada para pedagang kue dan nelayan di sana berupa uang tunai total puluhan juta rupiah tahun 2021 di Kabupaten Buton Selatan.

Andi Sumangerukka berharap, dengan uang tersebut para pelaku UMKM bisa semakin membesarkan usahanya. Pensiunan jenderal bintang dua ini juga mengaku akan terus mensuport para pelaku UMKM.

“Saya berharap kalau saya kesini nanti ibu-ibu penjual kue tadi usahanya bisa semakin baik, begitupun kepada para nelayan tadi yang menerima, kalau awalnya pakai perahu dayung saya harap dengan bantuan itu bisa menggunakan perahu yang lebih besar,” katanya. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga