Ratusan Rumah Terendam Banjir, Jembatan Ikut Ambruk

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 16 Januari 2024
0 dilihat
Ratusan Rumah Terendam Banjir, Jembatan Ikut Ambruk
Luapan banjir merendam fasilitas ibadah di Desa Latowu, Kecamatan Batu Putih. Foto tangkap layar

" Hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Selasa (16/1/2024) malam, menyebabkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Batu Putih "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Selasa (16/1/2024) malam, menyebabkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Batu Putih.

Laporan sementara sebanyak 154 unit rumah warga yang tersebar di Desa Makuaseng, Tetebao, dan Latowu Kecamatan Batu Putih terendam banjir.

Menurut Kades Latowu, Jumardi, kurang lebih 200 Kepala Keluarga (KK) yang berdomisili di tiga dusun terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi.

"Luapan air banjir terparah terjadi di dusun IV, semua rumah termasuk fasilitas ibadah, sekolah TK, dan kantor desa terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter," terangnya, Selasa (16/1/2023).

Baca Juga: Festival Coklat Meriahkan HUT ke-20 Kolaka Utara

Jumardi menambahkan, banjir yang melanda wilayah Kolaka Utara terjadi secara tiba-tiba sekitar pukul 22.00 Wita, akibatnya banyak alat elektronik warga tidak sempat diselamatkan dan terendam air.

"Kerugian ditaksir sekitar Rp 100 juta-an," tukasnya.

Jukail berharap Pemerintah Daerah Kolaka Utara dapat melakukan pembenahan, khususnya di bantaran sungai Latowu dengan membuat talud sungai atau bronjong.

"Ini sudah sering kami sampaikan tapi belum ada respon, semoga tahun ini bisa terwujud," harapnya.

Kejadian serupa terjadi di Desa Makuaseng, Kecamatan Batu Putih. Banjir yang terjadi pada pukul 21.00 Wita merendam 20 rumah warga dengan ketinggian setengah meter.

Baca Juga: Berikut Dua Strategi Sukanto Toding Tekan Laju Inflasi di Kolaka Utara

"Jembatan penyeberangan di Dusun I sepanjang 22 meter ambruk. Sarana air bersih ikut terganggu," kata Herman.

Sementara itu, berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara, banjir yang melanda tiga desa di Kecamatan Batu Putih merendam 104 unit rumah.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kolaka Utara, Andi Faisal, sedikitnya 104  unit rumah yang tersebar di tiga desa terendam banjir dengan rincian, 20 rumah, 20 KK dan 50 jiwa terdampak banjir di Desa Makuaseng. Di Desa Tetebao, 34 rumah, 35 kepala keluarga, dan 65 jiwa terdampak banjir.

"Banjir di Desa Latowu merendam 50 rumah warga. 300 jiwa dari 100 KK terdampak," imbuhnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga