Satpam Wajib Diksar dan Miliki Kartu Anggota

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Satpam Wajib Diksar dan Miliki Kartu Anggota
Sidak yang dilakukan BPD Abujapi Sulawesi Tenggara bersama Binmas Polda di Lippo Plaza dan The Park Kendari. Foto: Musyrifa Sya’adah/Telisik

" Binmas Polda bersama Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) wilayah BPD Sulawesi Tenggara melakukan sejumlah pembinaan dan razia terhadap vendor, BUJP, maupun perusahaan pengguna jasa satpam "

KENDARI, TELISIK.ID – Binmas Polda bersama Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) wilayah BPD Sulawesi Tenggara melakukan sejumlah pembinaan dan razia terhadap vendor, BUJP, maupun perusahaan pengguna jasa satpam yakni Lippo Plaza dan The Park Kendari, Senin (16/01/2023).

Razia bertujuan untuk menertibkan administrasi dan juga legalitas satpam di dua mal tersebut. Sidak itu disambut baik oleh pihak manajemen Lippo Plaza dan juga The Park Kendari.

Tujuan dari sidak yang dilakukan adalah untuk mengecek sejauh mana perusahaan-perusahaan ini    memperhatikan legalitas baik BUJP-nya maupun satpam sesuai dengan Perpol Nomor 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa, dimana BUJP yang beroperasional di Sulawesi Tenggara, harus memiliki Surat Izin Operasional (SIO) perluasan, begitu pula dengan anggota satpam yang bertugas harus telah mengikuti diksar yang dikuatkan dengan Ijazah dan KTA.

Kasubdit Satpam dan Polsus Binmas Polda Sulawesi Tenggara, AKBP Karjono Liwang mengatakan bahwa berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan, PT. Budi Angsana Perkasa dari Lippo Plaza dan PT. Anindita Wira Satya dari The Park Kendari belum masuk dalam administrasi baik di dalam BPD Abujapi Sulawesi Tenggara maupun Binmas Polda.

Baca Juga: Ini 3 Motor Honda Terlaris di Kendari

Lebih lanjut, Ketua umum BPD Abujapi Sulawesi Tenggara, Den Ayu Kanem Khaltsum mengatakan bahwa terdapat sejumlah temuan terkait dengan penggunaan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang belum terlegalisasi terkait dengan Surat Izin Operasional (SIO) Satpam, baik di Lippo Plaza dan di The Park Kendari.

Pada razia tersebut, pihak Binmas Polda Sulawesi Tenggara melakukan pencopotan seragam satpam bagi satpam yang belum mengikuti pendidikan dasar tingkat gada pratama atau dan tidak memiliki Kartu Anggota Satpam (KTA).

Baca Juga: Ice Cream Viral Mixue Hadir di Kendari Pengunjung Siap-siap Antre

“Di Lippo Plaza BUJP-nya belum memiliki surat izin operasional dan juga  anggota Satpamnya sebagian belum legal,” ungkapnya.

Sedangkan untuk The Park Kendari yang masih terbilang baru, selain melakukan sidak, Binmas bersama Abujapi juga melakukan sosialisasi terkait dengan vendor, BUJP terhadap pengguna  jasa satpam yakni The Park Kendari, agar  vendornya harus memiliki surat izin operasional perluasan yang ada di Sulawesi Tenggara, bukan hanya menggunakan surat izin operasional dari pusat. (B-Adv)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga