Satu Napi di Rutan Kelas II B Raha Meninggal

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 25 April 2022
0 dilihat
Satu Napi di Rutan Kelas II B Raha Meninggal
Rutan Kelas II B Raha. Foto: Sunaryo/Telisik

" Selama menjadi warga binaan, Arafat memiliki riwayat penyakit maag dan pusing "

MUNA, TELISIK.ID- Muhamad Arafat, warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Raha, meninggal dunia Minggu (24/4/2022).

Arafat yang tercatat sebagai narapidana perkara narkotika itu menghembuskan nafas terakhirnya akibat sakit. Sebelum meninggal, Arafat menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit (RS) dr. H. LM Baharuddin.

Pihak Rutan sempat melarikan Arafat ke RS, setelah pingsan pada hari Sabtu (23/4/2022) sekira pukul 22.00 Wita, di kamar 4 Napi usai mencuci tempat makanannya.

"Saat itu juga, saya langsung perintahkan petugas jaga untuk merujuk ke RS," Kata Saibuddin, Plt Karutan Kelas IIB Raha, Senin (25/4/2022).

Saibuddin mengaku, selama menjadi warga binaan, Arafat memiliki riwayat penyakit maag dan pusing. Nah, sesuai SOP di Rutan, bagi Napi maupun tahanan yang sakit, dilakukan pemeriksaan kesehatan dan perawatan oleh tenaga medis secara rutin.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Tiga Kapal Feri Disiapkan di Pelabuhan Torobulu-Tampo

"Kalau tidak mampu ditangani di klinik Rutan, kita langsung rujuk di RS," ujarnya.

Arafat telah menjadi warga binaan Rutan hampir dua tahun. Ia divonis penjara selama enam tahun. Selama menjadi warga binaan, Arafat berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan pelanggaran.

"Orangnya baik dan penurut. Apa yang diarahkan petugas selalu dikerjakan," sebutnya.

Baca Juga: Pemkab Buteng Tetapkan Besaran Zakat Fitrah, Ini Rinciannya

Pihak Rutan sendiri ikut berbelasungkawa atas meninggalnya warga binaan itu. Nah, secara otomatis,  status Napi langsung akan dicoret dari daftar Rutan.

"Kita tinggal menunggu surat laporan kematian dari RS. Tetapi secara subyektif sudah terhapus," terangnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga