Terombang-ambing Akibat Mati Mesin,12 Penumpang Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Jumat, 25 Maret 2022
0 dilihat
Terombang-ambing Akibat  Mati Mesin,12 Penumpang Berhasil Dievakuasi Tim SAR
Tim penyelamat dari Pos SAR Wakatobi melakukan evakuasi terhadap para penumpang Kapal Motor Taman Wisata GT 109 foto: Ist.

" 12 penumpang KM Taman Wisata GT 109 yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Wanci Kabupaten Wakatobi, berhasil dievakuasi Tim SAR "

WAKATOBI, TELISIK.ID -12 penumpang KM Taman Wisata GT 109 yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Wanci Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, berhasil dievakuasi Tim SAR.

“Pada pukul 17.45 Wita, Comm Center KPP Kendari menerima informasi dari Bapak Efendi, keluarga salah satu korban yang melaporkan bahwa pada pukul 15.20 Wita, telah terjadi kecelakaan kapal yakni KM Taman Wisata GT 109 dengan POB 19 orang. Kapal mengalami mati mesin di sekitar Perairan Wanci Kabupaten Wakatobi,” ungkap Wahyudi, Humas Basarnas Kendari, Kamis (24/3/2022) malam.

Dijelasakan, berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 18.05 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Dengan Jarak tempuh lokasi dengan tempat sandar RIB sekitar 10 NM. Pada pukul 19.01 Wita, Tim SAR gabungan menemukan KM Taman Wisata sekitar 2,87 NM dari LKP.

“12 orang penumpang dan 1 orang ABK atas nama Harsiwanuddin dievakuasi menuju Pelabuhan Marina awanci dan tiba pada pukul 20.25 Wita.  Sementara itu, 6 ABK memilih bertahan di kapal menunggu bantuan dari pemilik kapal yang akan datang membawa pengganti alat yang rusak. 12 orang penumpang dan 1 orang ABK tiba di Pelabuhan Marina Wanci dalam keadaan selamat,” jelasnya.

Baca Juga: DPD II Golkar Kolut Beri Semen Hingga Sembako ke Korban Kebakaran

Baca Juga: Masih di NTT, Jokowi Bertolak Lagi ke Belu Lakukan Sederet Kegiatan Ini

Diketahui, kronologis kecelakaan bermula pada pukul 14.00 siang, KM. Taman Wisata bertolak dari  Kaledupa menuju Kendari. Dalam perjalanan, pada pukul 3 sore, di sekitar perairan Wanci, kapal mengalami kendala pada mesin di mana selang pompa oli gearbox pecah dan mengalami kebocoran. Telah dicoba untuk diperbaiki oleh para ABK namun tidak membuahkan hasil. Mengetahui hal tersebut, beberapa penumpang panik sehingga salah satu ABK menghubungi pemilik kapal untuk menghubungi Basarnas guna mengevakuasi penumpang. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga