Pasca Dilantik, La Ode Sariba Fokus Tuntaskan Aspirasi Masyarakat Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 17 Oktober 2024
0 dilihat
Pasca Dilantik, La Ode Sariba Fokus Tuntaskan Aspirasi Masyarakat Muna Barat
La Ode Sariba dari fraksi NasDem sebagai anggota DPRD Muna Barat dua periode (kiri ujung). Foto: Putri Wulandari/Telisik

" La Ode Sariba, anggota DPRD Muna Barat dua periode, menegaskan komitmennya untuk bekerja lebih keras dalam menuntaskan berbagai aspirasi masyarakat yang belum terpenuhi selama masa jabatannya sebelumnya "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - La Ode Sariba, anggota DPRD Muna Barat dua periode, menegaskan komitmennya untuk bekerja lebih keras dalam menuntaskan berbagai aspirasi masyarakat yang belum terpenuhi selama masa jabatannya sebelumnya.

Dalam wawancara di kediamannya, Sariba menyatakan bahwa sebagai seorang incumbent, ia merasa memiliki tanggung jawab lebih besar karena masih banyak tuntutan masyarakat yang belum terealisasi.

Menurutnya, beberapa faktor seperti perubahan kebijakan dan pimpinan daerah menyebabkan beberapa program yang dijanjikan belum terlaksana.

"Ini menjadi beban bagi saya sebagai incumbent. Di periode kedua ini, kita akan berusaha menyelesaikan semua program yang tertunda," ujar Sariba, Kamis (17/10/2024).

Ia menambahkan, perbedaan signifikan antara incumbent dan anggota DPRD baru terletak pada pengalaman dan pengawalan program.

Baca Juga: APDESI Sultra: Anggota DPRD Muna Barat yang Baru Harus Terus Merakyat

Sementara anggota baru masih harus menjalani bimbingan teknis dan belum memiliki usulan pokok pikiran (pokir), incumbent sudah berpengalaman dalam menjalankan fungsi pengawasan serta memahami keberlanjutan program yang belum terselesaikan.

"Saya berharap bupati yang akan datang lebih responsif terhadap aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui DPRD," tambahnya.

Sebagai anggota DPRD yang memiliki fungsi anggaran, Sariba menjelaskan bahwa pokir disusun melalui hasil reses dan akan fokus pada pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, infrastruktur yang baik harus didukung oleh program pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sariba juga mengakui tantangan terbesar di Muna Barat adalah terbatasnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang harus dialokasikan untuk berbagai kepentingan masyarakat.

Baca Juga: 20 Anggota DPRD Muna Barat Dilantik, Minta Media Kawal Aspirasi Masyarakat

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya anggota DPRD untuk jeli dalam menentukan skala prioritas pembangunan.

Ia juga berharap pemerintah daerah melakukan pemerataan pembangunan di tiga wilayah besar Muna Barat agar daerah-daerah yang masih kurang tersentuh bisa mendapatkan perhatian

Di sinilah, kata dia, peran DPRD sebagai pengawal aspirasi masyarakat sangat diperlukan. (C)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga