Satu PDP Asal Bombana Dinyatakan Negatif COVID-19

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 15 April 2020
0 dilihat
Satu PDP Asal Bombana Dinyatakan Negatif COVID-19
Juru Bicara Satgas COVID-19 Bombana, Heryanto. Foto: Hir/Telisik

" PDP pertama asal Bombana hasilnya negatif. Bersamaan dengan itu, seluruh tim medis yang menginap di hotel sejak tanggal 8 April lalu kita bebaskan dan besok kembali bertugas seperti biasa di Rumah Sakit Bombana. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Satuan Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Bombana mengumumkan PDP yang sebelumnya dirujuk ke RS Bahteramas Kendari, dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan tes swab.

Pria yang berprofesi sebagai sopir pribadi itu dirujuk ke RS Bahteramas pada tanggal 8 April lalu. Tiga hari melewati masa perawatan di ruang IGD COVID-19, pada Sabtu (11/4/2020) lalu dokter melakukan pengambilan sampel untuk uji swab lalu dikirim di lab regional Makassar.

Bersamaan dengan itu, sejak pasien dirujuk ke Kendari, 27 tim medis RS Bombana yang terdiri dari 4 tenaga medis, 3 tenaga laboratorium dan 20 tenaga perawat, dikarantina di salah satu hotel yang ada di wilayah Kasipute.

Setelah hasil tes swab PDP yang sempat dirawat oleh 27 tenaga medis tersebut dinyatakan negatif COVID-19, ke-27 tim medis itu akhirnya boleh menghirup udara bebas setelah sempat diisolasi selama seminggu.

Baca juga: Penghentian Pembebasan Napi Belum Sampai di Kemenkumham Sultra

"PDP pertama asal Bombana hasilnya negatif. Bersamaan dengan itu, seluruh tim medis yang menginap di hotel sejak tanggal 8 April lalu kita bebaskan dan besok kembali bertugas seperti biasa di Rumah Sakit Bombana," kata Juru Bicara Satgas Penanggulangan Wabah COVID-19, Heryanto, saat dikonfirmasi Rabu (15/4/2020).

Ketua DPW PPNI Sultra itu kembali menegaskan bahwa setelah ditetapkan negatif, maka pasien itu harus dihapus dari daftar kasus PDP, ODP maupun OTG.

Untuk itu, per 15 April 2020 hari ini, update COVID-19 di Bombana untuk ODP berjumlah 13 orang, PDP 1 orang, pasien positif tidak ada, OTG berjumlah 2 orang serta yang dinyatakan  selesai pemantauan 284 orang.

 

Reporter: Hir

Editor: Rani

Baca Juga