Sejarah Terbentuknya Kabupaten Muna Barat Dikaji Ulang

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Sejarah Terbentuknya Kabupaten Muna Barat Dikaji Ulang
Sambutan Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat seminar kajian penyusunan naskah sejarah Kabupaten Muna Barat. Foto: Ist.

" Jelang H-3 perayaan HUT ke-9 Muna Barat, pemerintah daerah kembali lakukan kajian terhadap susunan naskah sejarah terbentuknya Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jelang H-3 perayaan HUT ke-9 Muna Barat, pemerintah daerah kembali lakukan kajian terhadap susunan naskah sejarah terbentuknya Kabupaten Muna Barat.

Seminar kajian penyusunan naskah sejarah Kabupaten Muna Barat itu dihadiri oleh Ketua Yayasan Universitas Karya Persada Muna, Rektor Universitas Karya Persada Muna, Dekan FKIP Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, staff ahli gubernur, tokoh masyarakat, dan seluruh jajaran Pemda Muna Barat.

Diketahui, pembacaan naskah terbentuknya Kabupaten Muna Barat sebelumnya telah dibacakan pada HUT ke-8 Muna Barat, namun saat itu banyaknya versi dari beberapa tokoh pemekaran, sehingga naskah terbentuknya Muna Barat dibacakan dari dua versi tokoh pemekaran.

Baca Juga: Gagal Raih Juara 1, Pj Bupati Muna Barat Bakal Evaluasi Rekrutmen STQH

Untuk itu, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengadakan pertemuan antar seluruh stakeholder, dalam pertemuan itu untuk melahirkan dan membahas suatu konsep terkait sejarah Muna Barat,  nantinya akan terus dibacakan setiap perayaan HUT Muna Barat.

"Hari ini kita buat konsep sejarah, kalau bisa kita duduk bersama sehingga melahirkan konsep sejarah yang disepakati," ungkap Bahri, Kamis (20/7/2023).

Bahri katakan, konsep sejarah yang nantinya akan disepakati, harapannya tidak akan pernah berubah walaupun ia tak memimpin lagi di Muna Barat atau bergantinya kepemimpinan.

Ia juga mengatakan, setelah disepakati bersama konsep sejarah itu juga akan diserahkan ke pihak DPRD untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah terkait pembangunan daerah.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Diberi Gelar Kehormatan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat Solo

Naskah sejarah terbentuknya Kabupaten Muna Barat juga masih sementara digodok di Universitas Karya Persada Muna.

Untuk itu, Ketua Yayasan Universitas Karya Persada Muna, Albert sangat mengapresiasi atas langkah Pj Bupati Muna Barat untuk mencanangkan penyusunan naskah sejarah Kabupaten Muna Barat, nantinya dapat dibacakan tiap perayaan HUT Muna Barat.

Terlebih, kampus di bawah naungannya yang notabene kampus yang belum lama berdiri di Kabupaten Muna, namun terpilih sebagai tempat penggodokan naskah sejarah tersebut.

"Kami apresiasi kerja Pj Bupati Muna Barat yang mencanangkan naskah sejarah ini," singkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga