Pj Bupati Muna Barat Diberi Gelar Kehormatan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat Solo

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Diberi Gelar Kehormatan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat Solo
Pemberian gelar kehormatan bagi Pj Bupati Muna Barat dan istri dari Keraton Surakarta Hadiningrat Solo. Foto: Ist.

" Pj Bupati Muna Barat, Bahri, mendapat gelar kehormatan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat Solo "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Diyakini sebagai pemimpin yang mampu berkarya serta melestarikan budaya dan menjaga keberagaman, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, mendapat gelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat Solo.

Pemberian gelar kehormatan dilakukan dalam upacara sakral kirab pusaka dan Kebo Kyai Slamet hari besar 1 Suro, di Sasana Nerendra Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Selasa (18/7/2023) malam.

Gelar kehormatan diberikan oleh Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono Senapati Ing Ngalanga Ngabdurachman Sayidin Panatagama XIII.

Panitia Keraton Surakarta Hadiningrat Solo, KRAT Herman K. Prasetyo Hadiningrat mengatakan, penganugerahan gelar kehormatan kepada Pj Bupati Muna Barat Bahri, kerena telah dianggap bagian dari keluarga besar keraton.

Dimana sebelumnya, Bahri telah dianugerahi gelar ningrat Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), sehingga saat ini kembali dikukuhkan menjadi Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT).

Baca Juga: Ali Mazi Diberi Gelar Mokole Da'telele Hai Lipu, Pehawa'o Wonua Oleh Raja Moronene

"Naik tingkat dari gelar ningrat KRT menjadi KRAT," ungkap KRAT Herman K. Prasetyo Hadiningrat.

Sehingga, dalam anugerah gelar yang diterima tertulis Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Dr. Bahri Darmodipuro, S.STP., M.Si.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat mengucapkan terima kasih atas pemberian gelar kehormatan Keraton Solo yang diberikan kepadanya. Baginya, gelar kehormatan itu merupakan suatu kebanggaan.

“Terima kasih atas gelar kehormatan ini. Ini tanggung jawab dan amanah menjaga budaya harus dijalankan,” kata Bahri via WhatsApp, Rabu (19/7/2023).

Baca Juga: Ketua DPD Diberi Gelar Kehormatan Sangia Ambona Wawoangi

Bahri menambahkan, pemberian gelar KRAT kepada dirinya menjadi motivasi untuk mengemban amanah kepemimpinan di Bumi Praja Lawaroku.

Ia mengatakan, pemberian gelar kehormatan itu bukan tanpa alasan. Gelar KRAT merupakan gelar kehormatan untuk tokoh atau pemimpin yang diyakini oleh keraton mampu berkarya serta melestarikan budaya dan menjaga keberagaman.

Untuk diketahui, pada kesempatan itu juga istri Pj Bupati Mubar, Yosi Rena, ikut mendapat gelar Kanjeng Mas Tumenggung, sehingga namanya menjadi Kanjeng Mas Tumenggung Yosi Rena Marti Ningtiyas. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga