Tak Sabar Menunggu, Puluhan Pengendara Pilih Mudik Jalur Darat

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Tak Sabar Menunggu, Puluhan Pengendara Pilih Mudik Jalur Darat
Pembeli memadati Pasar Ranomeeto untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Puluhan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda empat memilih mudik melalui jalur darat rute Kolaka Utara-Luwu Timur "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Puluhan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda empat memilih mudik melalui jalur darat rute Kolaka Utara-Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), dibanding harus menunggu kapal di pelabuhan Tobaku.

Menurut Kepala Seksi Keselamatan, Dinas Perhubungan Kolaka Utara, Nurdin Aras, sekitar 50 kendaraan keluarga yang hendak masuk ke pelabuhan Tobaku terpaksa batal mudik melalui jalur laut dan memilih rute darat Kolaka Utara-Luwu Timur.

"Kemarin itu sekitar 50 kendaraan memilih jalur darat, informasi ekstra trip lambat kami terima sehingga kami sampaikan antrean full," terangnya, Kamis (20/4/2023).

Lebih lanjut, ia menuturkan jika puncak arus mudik mulai H-5 Idul Fitri sejak hari itu pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dari beberapa daerah di Sulawesi Tenggara tujuan Sulawesi Selatan, terus berdatangan dan memadati pelabuhan Tobaku.

Baca Juga: Meski Kapal Sudah Ditambah 3 Armada, Penumpang Masih Membludak

"Penumpang tidak signifikan dibanding tahun lalu, yang bayak kendaraan keluarga. Andai KMP Merak tidak doking, mungkin tidak sepadat ini," ujarnya.

Hal itu, dibenarkan Kepala Cabang PT Afta Trans Mandiri, perusahaan yang menaungi KMP Camelia dan New Rose, Syamsul Bahri.

Baca Juga: Jumlah Penumpang KFC Jetliner Meningkat 2 Kali Lipat Jelang Idul Fitri

"Ya benar ada sekitar 50 kendaraan yang mudik melalui jalur darat. Mungkin tidak sabar menunggu di pelabuhan," imbuhnya.

Kata dia, jumlah pemudik menggunakan kendaraan pribadi tahun ini melonjak dibanding tahun lalu.

"Kalau penumpang tidak signifikan, hanya kendaraan keluarga sangat melonjak," tukasnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga