Sejumlah Nama Bakal Calon Bupati Mubar Mulai Mencuat

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 17 Januari 2021
0 dilihat
Sejumlah Nama Bakal Calon Bupati Mubar Mulai Mencuat
Ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa. Foto: Sunaryo/Telisik

" Belum bisa dipastikan tahun 2022. "

MUNA, TELISIK.ID - Pilkada Muna telah usai. Kini, di wilayah Muna Raya mulai ramai lagi diperbincangkan Pilkada Muna Barat (Mubar).

Sejumlah nama bakal calon kepala daerah di Bumi Laworo itu mulai mencuat di permukaan seperti Plt Bupati Mubar, Achmad Lamani, anak Ridwan Bae, LM Ikhsan, LM Taufan Alam, La Ode Tariala, Ali Basa dan La Ode Diada Nebansi (Onggi).

Namun, sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mubar belum bisa memastikan kapan pesta demokrasi itu dilaksanakan. Rumor yang berkembang, Pilkada akan digelar tahun 2022 mendatang, belum final.

"Belum bisa dipastikan tahun 2022," kata Awaluddin Usa, Ketua KPU Mubar, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Wali Kota Sulkarnain Tantang LM Inarto

Dari informasi yang mereka dapat, Rancangan Undang-Undang (RUU) pelaksanaan Pilkada serentak tengah dibahas di Komisi II DPR-RI. Dari draftnya, Pilkada serentak akan dinormalkan di tahun 2027. Nah, bagi daerah yang melaksanakan Pilkada di tahun 2017, maka Pilkada berikutnya di tahun 2022. Pilkada 2018, dilaksanakan 2023.

"Ada pembagiannya. Kita tunggi saja hasil pembahasan RUU-nya," timpalnya.

Kendati jadwal pelaksanaan Pilkada belum pasti, bukan berarti KPU sebagai penyelenggara kosong dari kegiatan. KPU tetap melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB) dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih agar mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu/Pilkada berikutnya.

"Data pemilih terus kita perbaharui dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," pungkas mantan wartawan itu. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga