Sejumlah Tokoh Berpengaruh Dominasi Balon DPR RI Partai Golkar Sulawesi Tenggara

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Sejumlah Tokoh Berpengaruh Dominasi Balon DPR RI Partai Golkar Sulawesi Tenggara
Nama Abdul Rahman Farisi, Ridwan BAE, Ali Mochtar Ngabalin, Rusmin Abdul Gani, masuk dalam penjaringan bakal calon DPR RI Partai Golkar Sulawesi Tenggara pada Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Jelang Pemilu 2024, Partai Golkar Sulawesi Tenggara mulai melakukan penjaringan bakal calon legislatif (caleg) "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang Pemilu 2024, Partai Golkar Sulawesi Tenggara mulai melakukan penjaringan bakal calon legislatif (caleg). Tak tanggung-tanggung, Golkar menempatkan sejumlah tokoh berpengaruh untuk bertarung di DPR RI.

Dari sejumlah bakal caleg yang mendaftar di partai berlambang pohon beringin itu, di antaranya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

Seperti, mantan Bupati Muna 2 periode Ridwan Bae. Saat ini sedang menjabat sebagai anggota DPR RI dapil Sulawesi Tenggara periode 2019-2024.

Kemudian, Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin. Pria yang terkenal dengan gaya bicara lantang ini pernah menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009.

Selanjutnya Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia atau AMPI Sulawesi Tenggara, Rusmin Abdul Gani. Mantan calon Bupati Konawe Selatan pada Pilkada 2020 ini juga merupakan seorang pengusaha sukses.

Baca Juga:  Golkar Putuskan Usung Ihsan Ridwan di Pilkada Muna

Rusmin Abdul Gani adalah Ketua Pengurus Besar (PB) Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Sulawesi Tenggara.

Bakal caleg DPR Partai Golkar lainnya yakni Abdul Rahman Farisi. Pria biasa dikenal ARF ini bukan wajah baru di dunia perpolitikan di Sulawesi Tenggara.

ARF pada Pemilu 2019 pernah maju sebagai caleg DPR RI, tapi nasibnya belum beruntung. Namun, di Pileg 2024 nanti ARF tidak bisa dipandang remeh.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sulawesi Tenggara, Muhammad Basri mengatakan, penjaringan bakal calon DPR RI untuk Pemilu 2024 sudah mencapai 200 persen.

"Dalam waktu Minggu ini kandidat caleg yang terjaring akan dikerucutkan menjadi 100 persen sesuai dengan kuota, tapi itu kewenangan DPP kalau DPR RI kita hanya mengusung," ujar Basri, Senin (13/2/2023).

Sementara salah satu bakal calon DPR RI Partai Golkar, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, dengan pengalaman ia lakoni selama ini, tetap optimis untuk maju pada Pemilu 2024 nanti.

"Memang benar, bukan isu, memang benar mau calon lewat Golkar sama-sama Pak Ode Ridwan BAE satu partai kita," ujar Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi Telisik.id.

Baca Juga: Punya Capres Sendiri, Golkar-PKS Kompak Bangun Sistem Politik Dinamis di Pemilu 2024

Ngabalin juga menambahkan, pandangnya tentang Sulawesi tenggara, di mana sekarang sudah menjadi barometer perkembangan investasi baru bagi Indonesia.

Menurutnya, sudah saatnya masyarakat Sulawesi Tenggara saling membekap untuk jenjang karir di pemerintahan maupun di politik agar bisa sampai di puncak kepimpinan yang sejalan dengan kepemimpinan nasional daerah lain.

"Harus menjadi konsentrasi dan perhatian kita semua, kita harus evaluasi ulang kalau tidak nanti orang lain hebat, kita di Sulawesi Tenggara tidak hebat," tambahnya. (B)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga