Sekolah di Bombana Gelar Ujian Sekolah Tatap Muka

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 05 April 2021
0 dilihat
Sekolah di Bombana Gelar Ujian Sekolah Tatap Muka
Ujian sekolah tatap muka di Bombana. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Kami laksanakan ujian sekolah tatap muka, karena antusias siswa yang senang dengan diterapkannya belajar di sekolah. Selain itu, nilai UAS juga dapat menjadi tambahan nilai bagi calon alumni SDN 27 Doule. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tahun 2020 lalu, dunia pendidikan menampilkan warna baru mengikuti protokol pencegahan wabah COVID-19, yakni siswa dinyatakan lulus meski ujian nasional dan ujian sekolah ditiadakan.

Hal itu dilakukan secara nasional sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI terkait pedoman pelaksanaan belajar daring akibat pandemi COVID-19, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Nomor 1 tahun 2020 terkait penentuan kelulusan peserta didik dan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, belajar tatap muka di Bombana telah berlangsung sejak 4 Maret 2021 lalu. Seiring dengan itu, siswa kelas akhir di sekolah-sekolah kini sementara menjalani ujian sekolah tertulis dan tatap muka baik Sekolah Dasar, SMP, SMA dan SMK sederajat.

Saat ditemui Telisik.id, Kepala SDN 27 Doule, Yulisarti, S. Pd mengungkapkan bahwa meski masih mengacu pada pedoman lama dalam hal kelulusan siswa, ujian sekolah tetap dilakukan karena dapat menjadi nilai tambahan bagi siswa pada pelulusan nantinya.

Baca juga: 10 Koreografer Muda Bakal Unjuk Gigi di Festival Mentari

"Kami laksanakan ujian sekolah tatap muka, karena antusias siswa yang senang dengan diterapkannya belajar di sekolah. Selain itu, nilai UAS juga dapat menjadi tambahan nilai bagi calon alumni SDN 27 Doule," pungkasnya saat ditemui Senin (5/4/2021).

Selama belajar daring, Yulisarti mengaku dirinya  banyak menerima keluhan orang tua siswa.

"Siswa dan orang tua jenuh belajar daring. Untuk antisipasi hal itu, kami buka sekolah agar mereka datang bermain dan belajar dengan tetap dalam pantauan guru," katanya.

Siswa melaksanakan ujian sekolah tertulis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan sebelum memasuki ruang ujian. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga