Selain Atasi Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Haid

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 10 Juli 2022
0 dilihat
Selain Atasi Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Haid
Kaya akan manfaat, air kelapa dapat membantu kelancaran haid wanita. Foto: Repro Detik.com

" Kelapa merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya, khususnya pada airnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelapa merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya, khususnya pada airnya. Selain pelepas dahaga favorit sejuta umat, air kelapa memiliki ion yang serupa dengan ion tubuh di dalamnya.

Sehingga air kelapa sangat cocok dikonsumsi ketika menstruasi untuk menggantikan cairan tubuh yang sempat hilang.

Meski begitu, beberapa wanita masih merasa enggan atau ragu untuk minum air kelapa saat haid atau menstruasi. Sebab, hal itu diduga dapat memicu aliran darah yang deras.

Karena anggapan tersebut, banyak beredar narasi bahwa minum air kelapa saat haid bisa melancarkan datang bulan.

Lantas, bagaimana kebenaran hal tersebut?benarkah minum air kelapa saat menstruasi atau haid bisa memperlancar darah yang keluar?

Mengutip dari Hellosehat.com, air kelapa memiliki cairan bening, dimana cairan ini sering menjadi alternatif minuman sehat karena kandungan elektrolit di dalamnya.

Adapun elektrolit merupakan mineral penting, seperti kalium, natrium, kalsium, dan magnesium, yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh.

Bukan cuma mineral, kandungan vitamin dalam air kelapa juga cukup beragam, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, C, dan folat. Tak hanya itu, air kelapa juga tergolong minuman yang bebas lemak dan kolesterol serta rendah kalori dan gula.

Hal yang paling penting, air kelapa juga mengandung fitoestrogen, yaitu zat alami pada tumbuhan yang memiliki struktur yang mirip dengan estrogen pada tubuh manusia.

Estrogen merupakan salah satu hormon pada wanita yang berperan penting dalam siklus menstruasi. Karena ragam kandungannya tersebut, mengonsumsi air kelapa saat haid tentu boleh dilakukan.

Bahkan, minum air kelapa bisa mendatangkan sejumlah manfaat pada tubuh wanita, termasuk saat haid atau menstruasi.

Baca Juga: Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Soal Gugatan Cerai ke Sule, Ternyata Ini Sebabnya

Mengutip dari Klikdokter, berikut beberapa manfaat air kelapa saat haid atau menstruasi:

1. Mengatasi Kram saat Haid

Salah satu penyebab kram saat haid adalah kadar kalium tubuh yang terlalu rendah. Sementara itu, air kelapa termasuk jenis asupan yang dapat memasok kalium pada tubuh.
Dengan kata lain, mengonsumsi air kelapa saat haid dapat membantu mengurangi risiko kram perut. Bahkan, konsumsi cairan isotonik alami tersebut saat haid juga bisa meredakan perut kembung, nyeri payudara, dan keinginan makan berlebih yang berkaitan dengan sindrom pramenstruasi.

2. Mencegah Dehidrasi

Wanita haid rentan mengalami dehidrasi dan anemia, karena kehilangan banyak cairan tubuh. Akibatnya, gejala nyeri haid seperti sakit kepala dan kram perut bisa semakin semakin menjadi. 

3. Mengobati Sembelit

Air kelapa adalah obat alami untuk diare dan sembelit. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa juga membantu meredakan gejala diare atau sembelit yang sering menyerang sebagian wanita saat haid.

Baca Juga: Ingin Wajah Glowing? Coba 7 Cara dengan Bahan Alami Ini

Air kelapa bahkan lebih direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai obat diare alami daripada cairan oralit yang ada di pasaran.

4. Menjaga Kestabilan Suasana Hati 

Kandungan mineral dalam air kelapa memainkan peran penting untuk menjaga kestabilan suasana hati. Senyawa tersebut bahkan dapat membantu melawan gejala depresi dan beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan mental.

5. Mencegah Migrain

Kandungan magnesium di dalam air kelapa dapat mencegah migrain alias sakit kepala sebelah. Beberapa penelitian pun menunjukkan, mineral tersebut dapat mengobati migrain dan mengurangi serangan gejala akut. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga