Selain Udara, Ini Penyebab Lain ISPA

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 12 Agustus 2023
0 dilihat
Selain Udara, Ini Penyebab Lain ISPA
ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia. ISPA menimbulkan peradangan di saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. Foto: Alodokter.com

" Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi yang terjadi di saluran pernapasan, baik saluran pernapasan atas maupun bawah. Infeksi ini dapat menimbulkan gejala batuk, pilek, dan demam "

KENDARI, TELISIK.ID - Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi yang terjadi di saluran pernapasan, baik saluran pernapasan atas maupun bawah. Infeksi ini dapat menimbulkan gejala batuk, pilek, dan demam.

ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia. Sesuai dengan namanya, ISPA menimbulkan peradangan di saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru.

ISPA menyerang manusia ketika ada bakteri atau virus yang masuk ke tubuh dan menginfeksi saluran pernapasan atas. Virus dan bakteri ini bisa masuk ke tubuh melalui tangan atau tetesan yang keluar saat bersin dan batuk seperti dikutip dari Kompas.com.

Berikut penyebab ISPA yang harus diwaspadai:

Baca Juga: Intip Perbedaan Humidifier, Diffuser dan Purifier

1. Polusi udara

Polusi udara menyebabkan banyak gas atau partikel berbahaya masuk ke tubuh. Gas dan partikel berbahaya tersebut bisa mengandung virus dan bakteri. Kondisi tersebut bisa menyebabkan respon inflamasi yang dapat menyebabkan gejala infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.

2. Penularan virus

Penularan virus atau bakteri penyebab ISPA dapat terjadi melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi. Virus atau bakteri dalam percikan liur akan menyebar melalui udara kemudian masuk ke hidung atau mulut orang lain.

3. Kontak langsung

Selain kontak langsung dengan percikan liur penderita, virus juga dapat menyebar melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi atau berjabat tangan dengan penderita.

Faktor risiko ISPA

Ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan tertular ISPA seperti dikutip dari Alodokter.com, di antaranya:

1. Anak-anak dan lansia

Anak-anak dan lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga rentan terhadap berbagai infeksi. Selain itu, penyebaran virus atau bakteri ISPA di kalangan anak-anak dapat terjadi sangat cepat, karena anak-anak sering berinteraksi dan melakukan kontak dengan anak-anak yang lain.

Baca Juga: Ingin Diet Maksimal, Kenali Diet Karnivora

2. Orang dengan daya tahan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus atau bakteri. Ketika daya tubuh menurun, misalnya karena menderita AIDS atau kanker, maka risiko terinfeksi akan makin meningkat.

3. Penderita gangguan jantung dan paru-paru

ISPA lebih sering terjadi pada seseorang yang sudah memiliki penyakit jantung atau gangguan pada paru-paru sebelumnya.

4. Perokok aktif

Perokok lebih berisiko mengalami gangguan fungsi paru dan saluran pernapasan. Hal ini mengakibatkan perokok juga rentan mengalami ISPA dan cenderung lebih sulit untuk pulih. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga