Manfaat Telur Rebus dan Waktu Merebus Terbaik

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 18 Juli 2023
0 dilihat
Manfaat Telur Rebus dan Waktu Merebus Terbaik
Telur rebus merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Kandungan protein dan rasanya yang enak jadi alasan utama banyak orang mengonsumsinya. Foto: Repro food.detik.com

" Kandungan protein dan rasanya yang enak jadi alasan utama banyak orang mengonsumsi telur "

KENDARI, TELISIK.ID - Telur ayam memiliki banyak manfaat dan khasiat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang mengonsumsi telur untuk kesehatan, salah satu caranya dengan direbus. Merebus telur jadi cara yang cukup mudah untuk mengonsumsinya.

Telur rebus merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Kandungan protein dan rasanya yang enak jadi alasan utama banyak orang mengonsumsinya. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat telur semakin digemari.

Telur rebus memiliki banyak manfaat bagi tubuh, berikut manfaat telur rebus dilansir dari liputan6.com dan hallodoc.com.

Membantu Kinerja Otak

Manfaat telur rebus adalah bisa membantu kinerja otak, agar otak bisa bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan suatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja.

Untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian kolin, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Pasalnya di dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dan E, serta selenium, semuanya ditemukan dalam telur rebus. Nutrisi ini punya manfaat sebagai antioksidan penting dalam menjaga kesehatan mata dan memulihkan fungsi retina. Selain itu, selenium membantu mencegah penglihatan degeneratif pada usia muda dan tua.

Baca Juga: Deretan Tanaman Herbal Bisa Perpanjang Umur

Sumber Kolesterol Baik

Sebutir telur mengandung 212 miligram kolesterol. Namun, kolesterol makanan tidak sama dengan kolesterol darah yang lebih tinggi. High-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik pun bisa  meningkat setelah makan telur rebus.  

Untuk menentukan tingkat kematangan telur rebus membutuhkan penentuan menit disesuaikan dengan kematangan telur yang seperti apa. Lama merebusnya bisa 4 menit, 8 menit, atau hingga 14 menit. Berikut waktu merebus telur yang tepat untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan dilansir dari Detik.com.

4 Menit

Untuk telur setengah matang dengan kuning telur yang encer dan lembut, dibutuhkan waktu 4 menit untuk merebus.

5 Menit

Untuk menciptakan telur setengah matang yang lembut dengan bagian putih yang matang dan kuning telur yang agak encer dibutuhkan waktu 5 menit untuk merebus.

6 Menit

Telur rebus dengan putih yang matang dan bagian kuning yang agak lengket dan lembut bisa dihasilkan dengan waktu rebus 6 menit.

Baca Juga: Ini Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Rambut

8 Menit

Untuk menghasilkan putih telur yang matang dan keras, dengan kuning telur yang sudah matang. Namun, bagian kuning telur tetap masih agak lengket dan berwarna kuning keemasan dibutuhkan waktu 8 menit untuk merebus.

10 Menit

Untuk menghasilkan telur rebus yang bagian putihnya telah matang sempurna dengan bagian kuning telur yang lembut di tengahnya. Di sini, warna kuning telur akan lebih pucat dibutuhkan waktu 10 menit untuk merebus.

12 Menit

Untuk membuat putih telur matang dengan bagian kuning yang hampir matang sepenuhnya. Waktu ini bisa dijadikan cara untuk mengetahui telur rebus sudah matang juga, dibutuhkan waktu 12 menit untuk merebus.

14 Menit

Waktu 14 menit merebus telur membuat bagian putih telur matang sempurna dan bagian kucing yang juga benar-benar matang. Tekstur kuning telur akan lebih remah dan kering dengan warna pucat. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga