Sembilan Orang Berebut Kursi Direksi dan Komisaris Bank Sultra

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 22 Januari 2020
0 dilihat
Sembilan Orang Berebut Kursi Direksi dan Komisaris Bank Sultra
Kepala Kantor OJK Sultra, Moh. Friedly Nasution. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Semua ada sembilan orang, ada lima komisaris dan empat kursi direksi. Sedangkan hasilnya juga sudah ada. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai melakukan tahapan seleksi, fit dan propert test sejak Desember 2019 lalu, untuk mendapatkan sembilan calon komisaris dan Direksi Bank Sultra.

Baca Juga: Cegah Kartu ATM Dibobol, Harus Bagaimana?

Sembilan calon komisaris dan direksi itu akan dibahas pada Rapat Umum Pemegang Sahan (RUPS), yang rencanya bakal dilakukan pada Februari mendatang.

Dari sembilan orang yang diseleksi, enam orang di antaranya merupakan orang-orang yang berasal dari eksternal Bank Sultra.

"Semua ada sembilan orang, ada lima komisaris dan empat kursi direksi. Sedangkan hasilnya juga sudah ada," ucap Kepala Kantor OJK Sultra, Moh. Friedly Nasution, Selasa (21/1/2020).

Dia menambahkan, proses fit dan propert test tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 1 tahun 2011, tentang tata kelola kepatuhan mengenai penilaian kepatuhan dan kelayakan pengurus bank.

"Semua sudah diserahkan kepada pemegang saham, sebab mereka yang berwenang mengangkat orang-orang tersebut," ungkapnya.

OJK hanya pada proses menguji layak atau tidaknya para calon komisaris dan direksi. Dari sembilan orang yang diwawancara, lima di antaranya merupakan calon komisaris dan empat untuk posisi direksi.

Penilaian Kepatutan dan Kelayakan (PKK)
sudah dikirimkan OJK ke Bank Sultra. Kemudian akan dilanjutkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), untuk menentukan siapa yang lebih layak menjadi pengurus.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

TAG:

OJK Sultra

Baca Juga