adplus-dvertising

Siap Uji Pra-klinik, Vaksin Merah Putih Bakal Dipakai Tahun Ini?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 30 Januari 2022
363 dilihat
Siap Uji Pra-klinik, Vaksin Merah Putih Bakal Dipakai Tahun Ini?
Ilustrasi vaksinasi. Foto: Repro Jawa Pos

" Pemerintah Butuh Rp 582,6 Miliar untuk Sistem Transportasi IKN Baru "

JAKARTA, TELISIK.ID - Vaksin Merah Putih yang merupakan inovasi tujuh tim dari berbagai institusi pendidikan dan lembaga penelitian memperlihatkan perkembangan.

Hanya saja, belum ada kepastian apakah tahun 2022 ini vaksin buatan anak bangsa tersebut bakal bisa dipakai atau belum.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman Wien Kusharyoto, Rabu (26/1/2022), Vaksin Merah Putih yang merupakan vaksin COVID-19 dengan platform subunit protein rekombinan masih dalam proses pengembangan sampai saat ini.


"Riset Vaksin Merah Putih masih berjalan, yang berbasis sel ragi atau yeast dalam proses pengembangan lebih lanjut," papar Wien dalam keterangan resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dikutip okezone.com, Minggu (30/1/2022).

Wien melanjutkan, tingkat produksinya juga sudah sesuai dengan taraf yang diisyaratkan pihak industri, dalam hal ini PT Bio Farma.

Lebih lanjut, Peneliti PRBM Eijkman-BRIN, Tedjo Sasmono menjelaskan, saat ini perkembangan Vaksin Merah Putih sudah masuk tahap hilirisasi di mitra industri, yakni PT Bio Farma.

Ia berharap dalam waktu dekat Vaksin Merah Putih sudah bisa dilakukan uji pra-klinik dan klinik.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bangun Pusat Riset Vaksin di Bali

"Semoga vaksin COVID-19 karya anak bangsa ini bisa berkontribusi dalam penanggulangan pandemi dan menjadi wahana untuk kemandirian bangsa dalam riset vaksin," harapnya.

Vaksin Merah Putih melibatkan tujuh tim dalam proses pembuatannya. Tujuh tim tersebut antara lain Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, eks Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Mengutip merdeka.com, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19, Ismunandar menegaskan, Vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan saat ini merupakan simbol kemandirian dan kemajuan bangsa.

Baca Juga: Pemerintah Butuh Rp 582,6 Miliar untuk Sistem Transportasi IKN Baru

Hal tersebut dia sampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (16/6/2021).

Menurut Ismunandar, Vaksin Merah Putih diharapkan menjadi vaksin yang dikembangkan sendiri oleh Indonesia. Juga berbasis pada virus yang bersirkulasi di Indonesia.

"Dilakukan oleh para peneliti bangsa kita, dan diharapkan untuk rakyat Indonesia," ungkapnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga