Simak 4 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
Simak 4 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Ramadan
Ada beberapa waktu terbaik untuk melakukan aktivitas olahraga di bulan ramadan. Foto: freepik

" Puasa yang maksimal membutuhkan fisik yang sehat. Untuk menjaga fisik tetap bugar, kita tetap harus berolahraga meski di bulan ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Puasa yang maksimal membutuhkan fisik yang sehat. Untuk menjaga fisik tetap bugar, kita tetap harus berolahraga meski di bulan ramadan.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, agar lebih efektif dalam menjaga kebugaran tubuh, ada baiknya tetap melakukan aktivitas fisik meski berpuasa.

Hanya saja kita mungkin saja lebih lemas saat berpuasa sehingga mengganggu aktivitas.

Maka dari itu, penting untuk memilih olahraga yang tepat dilakukan saat puasa, khususnya memilih waktu terbaik di bulan ramadan untuk berolahraga.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Cepat Pulihkan Energi Setelah Puasa

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa waktu terbaik untuk melakukan aktivitas olahraga di bulan ramadan:

1. Antara jam 3 hingga 4 dinihari

Kamu juga bisa mencoba melakukan olahraga pada jam 3 hingga 4 dinihari. Dilansir thenationalnews.com, berolahraga pada rentang waktu ini menjadikan kamu mempunyai energi dari makan ketika berbuka puasa pada hari sebelumnya.

Selanjutnya kamu dapat mengisi energi lagi setelah selesai berolahraga agar siap menjalani puasa di hari tersebut.

2. Berolahraga di pagi hari

Dilansir healthexchange.sg, Dr Fadzil Hamzah selaku Staff Departemen Olahraga dan Obat Rumah Sakit Changi Singapura mengungkapkan bahwa berolahraga di pagi hari saat berpuasa adalah memiliki energi yang lebih karena olahraga dilaksanakan tidak lama setelah makan sahur.

Ditambah lagi, belum adanya aktivitas lain serta suasana tenang tentu membuat olahraga di pagi hari terasa lebih menyenangkan.

3. Berolahraga di sore hari

Waktu yang baik untuk olahraga di bulan puasa ini adalah pada sore hari.

Dikutip dari thenationalnews.com, Ahmad ElSayeed yang merupakan praktisi olahraga dalam Fitness First mengungkapkan bahwa olahraga di sore hari tepatnya 90 menit sebelum matahari tenggelam memberikan peluang untuk segera mengisi energi ketika sudah masuk waktu buka. 

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Sering Dilakukan Selama Puasa, Nomor 1 Paling Bahaya

4. Berolahraga setelah berbuka

Setelah pagi dan sore hari, ada waktu setelah berbuka yang dapat menjadi opsi bagimu untuk berolahraga. Dikutip dari healthexchange.sg waktu ini dapat dikatakan ideal karena memberikan keuntungan yaitu kesempatan untuk mengisi energi baik sebelum maupun sesudah olahraga.

Dilansir thenationalnews.com, ketika berencana melakukan olahraga di waktu ini kamu perlu menambahkan sedikit porsi makanmu serta minum air putih yang cukup.

Nah, itulah beberapa waktu terbaik yang dapat Telisikers manfaatkan untuk berolahraga di bulan suci ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penlis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga