Ini Tanaman Herbal Pengencer Dahak

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 21 Februari 2024
0 dilihat
Ini Tanaman Herbal Pengencer Dahak
Cara mengusir dahak di tenggorokan biasanya dengan mengonsumsi obat batuk. Namun, selain itu, ada beberapa bahan alami yang dapat mengencerkan dahak sehingga tenggorokan menjadi lebih lega. Foto: Repro Alodokter

" Untuk mengusir dahak di tenggorokan, dapat dengan memanfaatkan bahan alami seperti tanaman herbal yang ada di sekitar kita "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan pernapasan, masyarakat semakin tertarik pada alternatif alami. Tanaman herbal telah menjadi pilihan populer dalam menangani masalah seperti dahak berlebih.

Dahak atau cairan dalam sistem pernapasan sebenarnya baik bagi tubuh. Cairan ini disebut mengandung glikoprotein, antibodi, dan zat lain yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun demikian, ketika terjadi infeksi, produksi dahak pun menjadi berlebih.

Dilansir dari Alodokter, dahak umumnya mengandung sel-sel radang, partikel benda asing seperti debu, sel darah putih, hingga bakteri atau virus. Dahak yang ada di tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan cara mengusir dahak di tenggorokan dengan memanfaatkan bahan alami seperti tanaman herbal yang ada di sekitar kita.

Dikutip dari Liputan6.com tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan dahak di antaranya:

Daun Kayu Putih

Daun ini mengandung minyak esensial, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi dan kelebihan dahak.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anxiety Disorder dan Kenali Penyebabnya

Kandungan ekstrak daun kayu putih dapat membantu melegakan hidung dan saluran pernapasan. Ekstrak tersebut dapat menghilangkan sekresi yang menghalangi aliran udara normal. Anda dapat menghirup uap ekstrak daun kayu putih yang sudah direbus terlebih dahulu.

Oregano

Daun yang sering Anda temukan di pizza dan spaghetti ini merupakan salah satu obat alami pengencer dahak yang ampuh. Kandungan minyak esensial dan zat antibiotik dapat membantu memerangi infeksi yang menyebabkan produksi dahak berlebih.

Anda dapat meminum teh oregano untuk dapat melonggarkan tenggorokan Anda. Meminumnya 2 sampai 3 cangkir teh dalam sehari dapat mengencerkan dahak dengan sempurna.

Thyme

Salah satu tanaman yang digunakan sebagai penyedap rasa ini dapat mempercepat penyembuhan saat Anda menderita flu. Kandungan antiseptik, ekspektoran dan antispasmodik pada daun Thyme dapat membantu meredakan batuk dan iritasi yang menjadi penyebab produksi dahak berlebih.

Baca Juga: Manfaat Pir Buat Ibu Hamil yang Pernah Diketahui

Jahe

Air rebusan salah satu jenis rempah-rempah ini mengandung gingerol, senyawa aktif yang bertindak sebagai antibakteri, ekspektoran, dan antiinflamasi. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan.

Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu meminum air rebusan jahe yang ditambahkan dengan sesendok madu. Minum tiga gelas sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Artikel Terkait
Baca Juga