Siswa MAN 1 Kendari Rayakan Perpisahan di Hotel Meski Dilarang Pihak Sekolah

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 28 Mei 2023
0 dilihat
Siswa MAN 1 Kendari Rayakan Perpisahan di Hotel Meski Dilarang Pihak Sekolah
Momen malam perpisahan siswa MAN 1 Kendari yang digagas sendiri oleh siswa, bukan agenda resmi sekolah. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Perayaan perpisahan atas kelulusan siswa-siswi kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari digelar atas inisiatif siswa, bukan agenda resmi pihak sekolah "

KENDARI, TELISIK.ID - Perayaan perpisahan atas kelulusan siswa-siswi kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari digelar atas inisiatif siswa, bukan agenda resmi pihak sekolah. Diketahui, sekolah ini tak pernah membuat perayaan perpisahan.

Perayaan ini mendapat penolakan pihak sekolah, kecuali dengan syarat, dilakukan di sekolah dan siang hari, bukan di hotel dan bukan malam hari. Tapi siswa kukuh tetap membuat perayaan di hotel pada malam hari, meski tanpa restu pihak sekolah.

Perayaan ini diikuti 193 dari total 300 jumlah siswa kelas 12 MAN 1 Kendari. Menurut panitia, kegiatan yang digelar di Hotel Swissbell ini tidak diikuti oleh seluruh siswa, karena sebagian sudah berada di luar Kota Kendari untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Wakil Kepala MAN 1 Kendari yang tampak hadir di acara tersebut, Zul Rahmat mengatakan, kegiatan ini tidak masuk dalam agenda resmi sekolah karena dilakukan di hotel dan pada malam hari. Selama ini, sekokah ini tidak pernah menggelar perayaan penamatan siswa.

"Sebenarnya ada kekhawatiran kami dari pihak sekolah karena anak-anak ini masih labil, apalagi di hotel tentunya harus diawasi," ungkap Zul Rahmat kepada Telisik.id, Sabtu (27/5/2023) malam.

Baca Juga: Usai Acara Perpisahan Sekolah, Siswa SMAN 2 Baubau Diduga Abaikan Protokol Kesehatan

Jika siswa mengikuti syarat dari pihak sekolah agar tidak diselenggarakan malam hari, kata Zul Rahmat, kegiatan ini akan dimasukan sebagai agenda resmi sekolah. Namun walapun bukan agenda resmi sekolah, pihak sekolah tetap mendukung dan mengawasi, agar acara ini terselenggara dengan baik.

Kata Zul Rahmat, bila acara ini berjalan sukses tanpa masalah apapun, pihak sekolah akan menjadikannya agenda resmi tahunan.

Menanggapi hal ini, ketua panitia   penyelenggara, Parel megungkapkan,  siswa-siswi menyelenggarakan pesta perayaan perpisahan atas antusias dan keinginan untuk selalu memperkuat silaturahmi di antara mereka. Sekolah hanya memberi tanggung jawab dan kepercayaan agar kegiatan ini berjalan dengan baik.

"Perayaan hari ini atas antusis kami sendiri. Sekolah tidak mengadakan ini, tapi kami pastikan keberhasilan dari acara ini. Kami ingin juga seperti sekolah-sekolah lain yang merayakan kelulusan mereka," ucap Parel.

Selain itu, perayaan kelulusan siswa-siswi MAN 1 Kendari ternyata tidak mengundang orang tua mereka untuk hadir dalam acara tersebut. Norma, ibu dari salah satu siswa MAN 1 Kendari tetap datang meski tidak ada undangan khusus, karena kekhawatiran pada anaknya.

Baca Juga: Aplikasi Pijar Sekolah Permudah Proses Pembelajaran Siswa

"Saya juga heran baru ada perpisahan tanpa undangan orang tua, perpisahannya malam lagi. Saya datang ikuti anak saya walaupun  saya tidak duduk bersama mereka," tutur Norma.

Sementara seorang siswa MAN 1 Kendari Neyzla Kiani Daulah berharap perayaan kelulusan ini berjalan dengan baik.

"Teman-teman saya senang sekali perayaan malam ini. Harapan saya semoga kami semua menjadi orang sukses dan bermanfaat untuk orang banyak," tutupnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga