Muswil KAHMI Gelar Diskusi Bakal Calon Gubernur Sultra

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Minggu, 04 September 2022
0 dilihat
Muswil KAHMI Gelar Diskusi Bakal Calon Gubernur Sultra
Muswil KAHMI Sultra VI di hadiri oleh sejumlah tokoh diantaranya La Ode Ida, bupati Konawe Utara Ruksamin, pengamat politik Prof Eka Suaib, dan anggota DPR RI Hugua Foto: La Ode Muh Martoton/Telisik

" Muswil KAHMI kali ini di hadiri oleh sejumlah tokoh Sulawesi Tenggara, mulai dari tokoh politik, pengamat politik, tokoh pendidikan, penguat media, LSM dan OKP se-Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Musyawarah Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Muswil KAHMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar 3-4 September 2022 resmi dibuka oleh Pj Sekda Sultra, Asrun Lio di salah satu hotel di Kendari, Sabtu, (3/09/2022).

Muswil KAHMI kali ini mengangkat tema "Mencari Figur Potensial Gubernur Sultra 2024". Tema ini menjadi topik pembahasan dalam diskusi pra-muswil pada kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh sejumlah tokoh Sulawesi Tenggara, mulai dari tokoh politik, pengamat politik, tokoh pendidikan, penguat media, LSM dan OKP se-Sultra.

Mulai anggota DPD RI Amirul Tamim, Anggota DPR RI Hugua, mantan Komisioner Ombudsman RI La Ode Ida, Pengamat Politik Eka Suaib, Bupati Konawe Utara Ruksamin, anggota DPRD dan masih banyak lagi.

Rangkaian pra-muswil ini, dengan agenda diskusi atau temu tokoh, akan menghadirkan narasumber dari para kandidat bakal calon (balon) Gubernur Sultra 2024.

Baca Juga: Pembukaan Muswil KAHMI Sultra VI Dihadiri Tokoh-Tokoh Terbaik

Dalam diskusi pra-muswil KAHMI, para bakal calon gubernur Sultra 2024 yang juga kader-kader terbaik KAHMI, menunjukkan niat serta kemampuan mereka untuk maju menjadi calon Gubernur Sultra 2024 nanti.

Seperti yang disampaikan oleh Anggota DPR RI Hugua, terkait dirinya maju sebagai calon itu urusan nanti, ia lebih fokus menyoroti keadaan situasi global saat ini yang sedang mengalami perubahan yang cukup besar.

"Saat ini kita mengalami perubahan yang besar, kita perlu memahami karakter dan ekosistem paskah pendemi dan perang Rusia dan Ukraina, dan implikasinya nggak bisa kita lepas karna ekosistem yang salah, siapapun calon gubernurnya, karna ini bicara bisnis ekonomi," ujarnya.

Sedangkan Bupati Konawe Utara Ruksamin dalam diskusi pra-muswil ia berbicara mengenai sumber daya manusia dan mengelola potensi sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat sesuai undang-undang.

"Langkah pertama yang harus kita lakukan, bagaimana kita pikirkan sumber daya manusia, kita kaya dengan sumber daya alam tapi tidak pernah kita pikirkan sumber daya manusia, kita sering sekali lalai tentang hal itu, siapa pun yang jadi gubernur nantinya gratiskan itu biaya pendidikan untuk anak-anak kita," ucapnya.

Baca Juga: Aksi Hambur Uang Dirut Bank Sulawesi Tenggara Viral, Belasan Wanita Asik Joget

Sementara La Ode Ida yang digadang-gadang sebagai balon Gubernur Sultra mengatakan bahwa dalam forum diskusi pra-muswil lebih berfokus kepada isu-isu lingkungan yang perlu diperhatikan di Sultra.

"Bicara Sultra kedepannya kita harus tau masalah yang dihadapi saat ini, saya selalu membahas keseimbangan lingkungan, dengan begitu kayanya daerah kita sampai kita lupa masih ada terjadi kerusakan lingkungan yang harus diselesaikan" Ujar La Ode Ida.

Untuk diketahui Muswil KAHMI Sultra VI yang diselenggarakan oleh panitia di antaranya jalan sehat yang akan berlanjut Minggu (4/9/2022), dan dilanjutkan diskusi sarasehan dan forum muswil itu sendiri. (A)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Musdar

Baca Juga