SMA Negeri 4 Kendari Eliminasi 726 Calon Siswa Baru

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 09 Juli 2020
0 dilihat
SMA Negeri 4 Kendari Eliminasi 726 Calon Siswa Baru
Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kendari, Ruslan. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Tiap tahun begini, jumlah pendaftar di SMAN 4 Kendari memang tergolong tinggi. Sehingga, di setiap penerimaan siswa baru pasti akan ada pendaftar yang tidak bisa kita akomodir dikarenakan keterbatasan kuota. "

KENDARI, TELISIK. ID - Sejak dibukanya pendaftaran, SMA Negeri 4 Kendari diserbu calon siswa baru. Tercatat  ada 1.158 calon siswa yang mendaftar di salah satu sekolah favorit di Kota Kendari itu.

Kepala SMA Negeri 4 Kendari, Ruslan, mengatakan, semenjak pendaftaran PPDB 2020 dibuka pada 22 Juni 2020 sampai tanggal 4 Juli 2020, sebanyak 1.158 calon siswa yang mendaftar. Sedangkan kuota yang disediakan hanya 432 kursi.

"Tiap tahun begini, jumlah pendaftar di SMAN 4 Kendari memang tergolong tinggi. Sehingga, di setiap penerimaan siswa baru pasti akan ada pendaftar yang tidak bisa kita akomodir dikarenakan keterbatasan kuota,” ungkapnya, Kamis (9/7/2020).

Ruslan menambahkan, pendaftaran peserta didik baru terbagi beberapa jalur, untuk pendaftar jalur zonasi sebanyak 673, jalur mutasi atau anak guru sebanyak 43, jalur prestasi 394 (prestasi lomba 85 dan prestasi nilai rapor 309) dan jalur afirmasi 48 orang.

"Semua tahapan seleksi PPDB 2020 telah dilakukan oleh SMAN 4 Kendari sesuai dengan petunjuk teknis yang ada,” terangnya.

Baca juga: Pelaksanaan PPDB SMKN 1 Kendari Abaikan Protokol Kesehatan

Untuk itu, lanjut Ruslan, bagi siswa yang telah dinyatakan lulus di SMAN 4 Kendari, maka diimbau untuk segera melakukan pendaftaran ulang sejak sejak 8-9 Juli 2020.

Berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, apabila siswa yang telah dinyatakan lulus namun tidak melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka siswa tersebut dinyatakan telah mengundurkan diri.

"Aturan ini telah ditentukan, maka saya mengimbau agar seluruh siswa yang telah dinyatakan lulus di SAMN 4 Kendari agar segera mendaftar ulang,” ujarnya

Untuk itu, Ruslan berpesan kepada siswa yang telah mendaftar di SMAN 4 Kendari, namun tidak tercover agar tidak berkecil hati. Jumlah kuota yang disiapkan di SMAN 4 Kendari memang tidak bisa menampung seluruh pendaftar.

"Pesanku untuk anak-anakku sekalian, ingat bahwa seluruh sekolah itu sama saja. Sehingga, dimanapun kalian bersekolah hasilnya akan sama,” pesannya

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga