Soal Polemik Perombakan Pejabat, Ini Komentar Bupati Buton Utara

Aris, telisik indonesia
Rabu, 29 September 2021
0 dilihat
Soal Polemik Perombakan Pejabat, Ini Komentar Bupati Buton Utara
Bupati Buton Utara, Muhammad Ridwan Zakariah. Foto: Aris/Telisik

" Mereka yang dilantik diantaranya ada yang menjabat Plt kepala Dinas, hingga sekretaris kecamatan "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Bupati Buton Utara (Butur), Muhammad Ridwan Zakariah mengaku, belum mengetahui jika ada ASN yang dilantik beberapa waktu lalu terlibat dalam politik praktis dan sudah mendapat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Saya belum pernah lihat (rekomendasi KASN atas keterlibatan sejumlah ASN dalam politik praktis)," ungkap Ridwan Zakariah kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/9/2021).

Pada intinya, lanjut Ridwan Zakariah, persoalan mutasi pejabat yang dilakukan beberapa waktu lalu telah dipertanggungjawabkan kepada Ombudsman maupun KASN.

"Dari 7 kabupaten/kota yang sama kasusnya dengan Butur, justru hanya saya yang hadirkan Sekda, karena saya menghargai Ombudsman dan KASN," tambahnya.

Berdasarkan dokumen yang dihimpun, terdapat sejumlah ASN bermasalah yang dilantik Bupati Butur. Mereka terlibat dalam politik praktis karena mendukung Ridwan Zakariah saat Pilkada 2020 lalu. Bahkan mereka yang terlibat sudah dinyatakan melakukan pelanggaran berdasarkan rekomendasi KASN.

Mereka yang dilantik diantaranya ada yang menjabat Plt kepala Dinas, hingga sekretaris kecamatan.

Menurut orang nomor 1 di Butur ini, dalam persoalan mutasi ASN dipastikan ada yang merasa puas dan tidak puas. Kondisi itu merupakan hal biasa.

Baca Juga: Tunggakan Pelanggan PDAM Muna Capai Rp 1,6 Miliar

Baca Juga: Kota Kendari Raih Penghargaan Parahita Ekapraya Tingkat Pratama

"Saya kasih ruang mereka untuk kritisi (proses mutasi). Silakan melapor ke Ombudsman, silakan ke KASN," tutur mantan Ketua DPD PAN Butur ini.

Bagi Ridwan, tidak pernah mempermasalahkan ASN yang menyalurkan hak pilihnya. Namun, ASN harus mengetahui jika terlibat dalam politik praktis ada resiko yang harus ditanggung.

"Dan saya beritahu kepada mereka bahwa saya tidak menghukum saya hanya memberikan pelajaran. Dan saya sudah buktikan 5 tahun lalu, betul nonjob tapi 2, 3 bulan sudah berubah, sudah rasional berpikir, mari kita sama-sama," ujar Ridwan Zakariah.

Diketahui sebelumnya, Muhammad Ridwan Zakariah melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Lingkup Pemerintahan Kabupaten Butur, pada Jumat (3/9/2021) lalu.

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga