Stok Darah di Kendari Menipis, PMI UHO Sumbang 69 Kantong Darah

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Kamis, 14 Oktober 2021
0 dilihat
Stok Darah di Kendari Menipis, PMI UHO Sumbang 69 Kantong Darah
Kegiatan donor darah KSR PMI UHO di gedung Sport Center UHO. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

" Korps Suka Relawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Halu Oleo (UHO) selenggarakan event donor darah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Korps Suka Relawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Halu Oleo (UHO) selenggarakan event donor darah, Kamis (14/10/2021).

Komandan KSR PMI UHO, Muh. Amin Rais Natsir mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang mereka lakukan dan bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat Kota Kendari.

"Kegiatan ini memang kegiatan rutin yang kami laksanakan, mengingat banyaknya masyarakat yang membutuhkan darah. Dalam sehari saja ada dua sampai tiga orang yang membutuhkan darah, dan darah yang dibutuhkan ini bukan hanya 1 kantong tapi bahkan sampai 10 kantong," jlas Muh. Amin.

Rahma, selaku sekretaris kegiatan menuturkan, melalui kegiatan donor darah ini KSR PMI UHO menyumbang sebanyak 69 kantong darah.

Baca juga: Atap Teras Hotel Wixel Ambruk Gegara Hujan Lebat, 1 Mobil Rusak

Baca juga: Kendari Diguyur Hujan, Pasar Baruga Jadi Langganan Banjir

"Terkumpul 69 kantong darah dari peserta pendonor, dengan rincian golongan darah A 18 kantong, B 4 kantong, O 45 kantong, dan AB 2 kantong," ujarnya.

Sementara itu, Dokter Seleksi UDD PMI Sultra, dr. Syahid Khairullah Hadini, S.Ked. mengapresiasi kegiatan donor darah ini karena sangat membantu ketersediaan stok darah bagi pasien yang membutuhkan.

Ia juga menambahkan, selama pandemi Covid-19 stok darah di Unit Donor Darah PMI Sulawesi Tenggara mengalami penurunan hingga 50 persen.

"Sebelumnya kami bisa mengumpulkan 1000 lebih kantong darah, namun sekarang hanya 50 persen atau sekitar 500 kantong saja per bulan," katanya.

Ia berharap, dengan melandainya kasus Corona di Kota Kendari kegiatan donor darah bisa digencarkan kembali agar ketersediaan stok darah kembali normal.

"Alhamdulillah bulan ini sudah ada 10 permintaan kegiatan donor. Semoga ini bisa menjadi awal mula ketersediaan stok darah kembali seperti semula," pungkasnya. (A)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga