Stok Sembako di Kota Kendari Terpantau Aman hingga Akhir Tahun

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 21 Desember 2022
0 dilihat
Stok Sembako di Kota Kendari Terpantau Aman hingga Akhir Tahun
Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat menggelar sidak di Pasar Korem bersama sekda, Forkopimda, TPID, dan OPD terkait. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Beberapa harga bahan pokok terpantau aman dan hanya beberapa di antaranya saja yang mengalami kenaikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka menjaga stabilitas harga jelang Natal dan Tahun Baru (nataru), dilakukan inspeksi mendadak (sidak) harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di beberapa lokasi, Rabu (21/12/2022).

Sidak kali ini mengunjungi Pasar Korem, Pasar Basah Mandonga, Gudang Bulog hingga berakhir di Hypemart The Park Kendari. Saat mengunjungi Pasar Korem, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu pertama kali bertandang ke area sembako.

Sembari berjalan mengunjungi pedagang satu persatu, ia mulai menanyakan beberapa harga kebutuhan pokok seperti harga sayur-mayur, harga bawang merah dan bawang putih, harga ikan segar dan ikan kering.

Dari pantauan tersebut, beberapa harga bahan pokok terpantau aman dan hanya beberapa di antaranya saja yang mengalami kenaikan seperti harga bawang merah dan putih, dengan harga saat ini mencapai Rp 42 ribu/kg sedangkan untuk bawang putih Rp 34 ribu/kg.

Selain memantau harga sembako, ia juga menanyakan stok dari bahan-bahan tersebut. Terkait kesediaan, Asmawa menyebutkan, ketersediaan bahan pokok masih aman bahkan hingga selesai tahun baru.

Baca Juga: Sengketa Lahan Warga dan PT. Anugerah Alam Buana Indonesia Masih Terus Berlanjut

Senada, seorang penjual sembako, Hadijah mengaku, saat ini harga bahan pokok seperti beras dan gula masih relatif aman, namun untuk harga bawang merah dan putih mulai naik.

Saat peninjauan ke gudang Bulog, ketersediaan stok beras aman, saat ini ada 2.420,80 ton beras, stok gula 97,64 ton, stok minyak goreng 349,88 ton, cabai besar 16,81 ton, cabai rawit 18,75 ton, daging sapi 27,20 ton, daging ayam ras 53,78 ton, dan relatif lebih dari cukup hingga awal tahun 2023.

Johan Wahyudi selaku Manager SCPP Bulog Sultra mengatakan, ketersediaan sembako yang berada di gudang Bulog aman hingga akhir tahun.

"Setiap hari menggelontorkan beras ke pasar, kita juga ada gudang di cabang-cabang. Jadi bisa ambil di gudang Bulog yang lain," tambahnya, Rabu (21/12/2022).

Selain mengunjungi stok kesediaan beras dan gula pasir, Asmawa Tosepu juga mengunjungi Hypemart yang berada di The Park Kendari sembari menanyakan dan melihat-lihat harga dari kebutuhan pokok yang ramai di beli oleh masyarakat.

"Hasilnya ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan, tapi bisa kami pastikan bahwa tidak semua harga naik. Hanya beberapa komoditas yang naik seperti bawang merah dan putih. Namun tak terlalu signifikan," ungkapnya.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Kota Kendari Prioritaskan Masalah Stunting di 2023

Ia juga mengatakan jika harga yang berada di Hypemart The Park Kendari tak jauh berbeda dengan harga sembako yang berada di pasar tradisional. Selain itu, harga yang berada dipasaran masih bisa dikendalikan.

Selain memantau harga sembako dan kebutuhan masyarakat, ia juga ingin memastikan ketersediaan barang dan tak ada lonjakan harga menjelang nataru sejak distributor hingga ke konsumen.

Ia berharap pada distributor untuk menjaga dan menstabilkan harga menjelang nataru. Ia juga menyarankan pada masyarakat untuk tidak panik menghadapi ketersediaan sembako jelang nataru.

Sidak ini dilakukan Pj Wali Kota Kendari bersama Sekda Kota Kendari, Forkopimda, TPID, dan beberapa pihak terkait. Pemerintah Kota Kendari sebelumnya telah memberikan subsidi sembako pada beberapa komoditas. Salah satunya, dengan menggelar pasar murah. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga