Dikbud Sulawesi Tenggara Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 17 Km Peringati HUT ke-78 Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 17 Km Peringati HUT ke-78 Indonesia
Sebanyak 17.000 siswa SMA/SMK bakal memeriahkan pembentangan bendera merah putih yang diinisiasi oleh Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin di Jalan Bypass hingga Jalan Toronipa. Foto: Kolase

" Guna meriahkan HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, sebanyak 17.000 siswa SMA/SMK di Sulawesi Tenggara bakal membentangkan bendera merah putih sepanjang 17 Km "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna meriahkan HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, sebanyak 17.000 siswa SMA/SMK di Sulawesi Tenggara bakal membentangkan bendera merah putih sepanjang 17 Km.

Kegiatan itu diinisiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, Yusmin. Ia mengatakan pembentangan bendera merah putih itu dilakukan sepanjang Jalan Bypass Kendari hingga jalan menuju wisata permandian Toronipa, Kabupaten Konawe, pada 17 Agustus 2023 mendatang.

"Insya Allah, siswa SMA dan SMK di se-Sulawesi Tenggara akan menggelar itu, sementara ini kita sedang bahas bersama para kepala sekolah," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemerintah Kota Kendari Adakan Festival Kali Kadia

Selain mengibarkan bendera merah putih sepanjang 17 Km, masing-masing sekolah juga bakal diikuti oleh 2 orang peserta, dengan memakai pakaian adat yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Kami sudah rapat dengan seluruh sekolah, semua sama. Karena kita ada 17 kabupaten/kota, peringati HUT RI pada 17 Agustus dan benderanya 17 Km," kata Yusmin.

Pembentangan bendera merah putih oleh pelajar SMA di Kendari dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 RI. Foto: Ist.

 

Yusmin sendiri mengaku, jika ide tersebut muncul dengan sendirinya. Bahkan tak pernah terbesit, jika ingin melihat sesuatu yang berbeda ketika ia menjabat.

"Nda pernah terpikirkan, kan belum lama menjabat sebagai Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, saya berpikir apa yang perlu saya kembangkan. Jadi saya pikir, kenapa tidak coba bentangkan bendera sepanjang itu," ungkapnya.

Selain untuk memeriahkan HUT kemerdekaan Indonesia, juga bisa membuat para pelajar saling mengenal satu sama lain  tentunya akan membuat mereka semakin menghargai nilai-nilai kemerdekaan.

"Insya Allah, tujuan kita baik, anak-anak dari seluruh daerah di Sulawesi Tenggara saling mengenal satu sama lain, itu jauh lebih bagus," ucapnya.

Siswa SMAN 5 Kendari saat menyemarakkan HUT ke-78 RI di Sulawesi Tenggara yang di inisiasi oleh Dikbud provinsi. Foto: Ist.

 

Sementara untuk keikutsertaan siswa Madrasah Aliyah, pihaknya masih akan membahasnya bersama Kementerian Agama Sulawesi Tenggara. Selain itu, bendera sepanjang 17 Km yang akan dibentangkan, saat ini dijahit oleh sejumlah pelajar siswa SMK.

Yusmin menyebut bendera telah dibagi dan masing-masing sekolah menjahit 300 meter hingga 500 meter, nantinya bendera akan disambung saat di lapangan hingga 17 Km sesuai dengan angka hari kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, Kota Kendari Gelar Lomba Perahu Toktok di Kali Kadia

"Saat ini sudah dalam proses pengerjaan, yang jahit anak SMK se-Sulawesi Tenggara, tata busana. Kainnya disediakan oleh Dinas Pendikan dan Kebudyaan," bebernya.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan tengah melakukan persiapan ia juga tengah menunggu arahan dari kepala dinas. Ia tak menyebutkan secara pasti karena masih membahasnya dan ia menyambut baik hal tersebut.

"Kegiatan ini, kami masih membahas bersama kepala dinas. Saat ini kami masih survei lokasi di dalam lokasi Kota Kendari, tapi masih menunggu arahan pak kadis," katanya saat dihubungi via telepon. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Soleha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga