Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemerintah Kota Kendari Adakan Festival Kali Kadia

Cendriawan, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemerintah Kota Kendari Adakan Festival Kali Kadia
Pelaksanaan Festival Kali Kadia dalam menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan oleh Pemkot Kota Kendari. Foto: Cendriawan/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari menyelenggarakan even bertajuk Festival Kali Kadia, dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Kendari menyelenggarakan even bertajuk Festival Kali Kadia. Selain untuk merayakan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan ini juga menjadi media edukasi dan pengenalan bagi masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan.

Kali Kadia dipilih menjadi lokasi perayaan, mengingat area tersebut kini sudah diubah menjadi lebih bersih dan tertata pasca dilakukannya aksi bersih-bersih oleh beberapa instansi terkait pada pekan kemarin.

Festival yang diikuti oleh sekolah tingkat dasar dan menengah se-Kota Kendari ini berlangsung meriah, dan disambut antusias oleh warga kota dan juga peserta kegiatan.

Salah seorang tenaga pendidik yang berasal dari SMPN 15 Kendari, Harun (50), menyatakan bahwa dirinya sangat antusias dengan adanya kegiatan seperti ini.

"Untuk saya, kegiatan seperti ini sudah bagus mengingat selain untuk mengenalkan kepada siswa agar lebih peduli kepada kebersihan lingkungan, juga menumbuhkan rasa kepedulian terhadap apa yang ada di sekitarnya. Kegiatan seperti ini diharapkan bisa dapat terus dilakukan," ujar Harun kepada Telisik.id, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, Kota Kendari Gelar Lomba Perahu Toktok di Kali Kadia

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini, selain dijadikan spot baru untuk berwisata dan rekreasi bagi masyarakat, juga ajang untuk memperkenalkan wajah baru Kali Kadia  yang selama ini dikenal kotor dan dihuni bangunan liar.

Penataan di sekitaran Kali Kadia selain bertujuan untuk mengurangi wilayah kumuh di tengah ibu kota, Pemkot Kendari juga berharap dengan wajah Kali Kadia yang sekarang, dapat menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kota Kendari untuk meningkatkan pembangunan dan penataan dari berbagai sektor.

Terlepas dari penampilan Kali Kadia yang kini lebih bersih sedap dipandang, pada tahun 2024, Kota Kendari dipilih sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF), yang mana agenda tersebut dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Dikutip dari Maritim.co.id, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh World Water Council dan Global Water Partnership.

Baca Juga: Angkat Musik Bambu, Kadis Dikmudora: Perkenalkan Musik Tradisional pada Anak Sekolah

Di sela kegiatan yang terpusat di Jalan Antero Hamra ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menuturkan, penataan kembali wilayah Kali Kadia, merupakan salah satu dari beberapa program Pemerintah Kota Kendari untuk menata kawasan kumuh, untuk kemudian dialihfungsikan menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan bagi para pelaku usaha atau aktivitas lain yang berhubungan dengan peningkatan taraf perekonomian masyarakat," tuturnya.

Dia juga mengatakan, dengan dilakukannya penataan kembali bangunan di sekitar Kali Kadia, dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan juga terlibat guna membantu pemerintah kota dalam mengedukasi masyarakat untuk merawat fasilitas yang berada di area tersebut.

Mengingat wilayah Kali Kadia untuk ke depannya akan disulap selain untuk menjadi tujuan wisata, juga akan menjadi spot hiburan dan kegiatan masyarakat, dengan objek percontohan Monumen Nasional Jakarta, dan tentunya tanpa mengenyampingkan penataan kegiatan usaha masyarakat. (A)

Penulis: Cendriawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga