Surplus 16 Mega, Baubau Komitmen Penuhi Kebutuhan Listrik Selama Nataru

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 26 Desember 2023
0 dilihat
Surplus 16 Mega, Baubau Komitmen Penuhi Kebutuhan Listrik Selama Nataru
Manajer ULP Kota Baubau, Merdin Kasim menuturkan bahwa PLN telah menyiapkan sekitar 16 mega untuk keamanan pasokan listrik jelang dan selama Nataru. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kota Baubau telah melakukan persiapan khusus untuk menjaga kestabilan aliran listrik selama perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kota Baubau telah melakukan persiapan khusus untuk menjaga kestabilan aliran listrik selama perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Terkait pelayanan fisik di sistem mobile, PLN telah menyiapkan surplus sekitar 16 mega untuk memastikan keamanan pasokan listrik.

Manajer ULP Kota Baubau, Merdin Kasim, mengungkapkan bahwa terkait pelayanan fisik di sistem mobile, PLN telah menyiapkan surplus sekitar 16 mega untuk

"Alhamdulillah, saat ini kami masih memiliki surplus sekitar 16 mega. Sistem kami aman dan cukup untuk Natal dan tahun baru. Kami mematuhi arahan pemerintah Pj Wali Kota Baubau dengan menetapkan periode siaga dari 15 Desember hingga 5 Januari," tuturnya, Selasa (26/12/2023).

Ia juga mengakui kemungkinan gangguan dari bencana alam atau masalah jaringan, namun mereka siap mengatasi situasi tersebut.

"InsyaAllah, semua sistem kelistrikan Kota Baubau aman," ujar Kasim.

Baca Juga: Hadapi Nataru, PLN Terapkan Masa Siaga Kelistrikan Nasional

Bagian Keselamatan Kesehatan Kerja, Lingkungan, dan Keamanan PLN UP3 Baubau, Jumadil Hasman Nugraha menyampaikan bahwa posko pelayanan telah didirikan di kantor ULP Baubau dan semua kantor layanan.

"Posko ini menjadi pusat untuk mengatasi segala permasalahan terkait kelistrikan,” paparnya.

Lebih lanjut, Ia memberitahu bahwa masyarakat dapat membeli pulsa listrik melalui aplikasi PLN Mobile, yang tersedia di Play Store dan App Store. Aplikasi ini mencakup berbagai layanan PLN, mulai dari pemasangan listrik baru hingga pelaporan gangguan, memudahkan akses masyarakat terhadap layanan tersebut.

Di kutip dari web.pln.co.id, bagi pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi.

Untuk melaporkan masalah dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Baca Juga: PT PLN Sudah Kurangi Pemadaman Bergilir di Sulawesi Tenggara

1. Untuk melakukan pengaduan, pelanggan perlu memiliki aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di app store seperti Play Store dan App Store.

2. Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.

3. Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.

4. Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.

5. Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol “Lanjutkan".

6. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “Kirim Pengaduan”.

7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time. Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Di samping melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan juga dapat mengajukan pengaduan ke PLN melalui Contact Center PLN melalui sambungan telepon di nomor 123.

Pelanggan juga bisa menghubungi akun resmi Contact Center PLN untuk melakukan pengaduan layanan. Pelanggan dapat memilih salah satu akun media sosial Contact Center PLN. Ada Twitter di @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, maupun E-mail di [email protected]. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga