Surunuddin Dangga: ASN Malas Panggil dan Disanksi

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Senin, 31 Mei 2021
0 dilihat
Surunuddin Dangga: ASN Malas Panggil dan Disanksi
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat memimpin apel pagi. Foto: Ist.

" Jangan hanya absen saja terus disimpan, tapi harus dievaluasi tingkat kehadiran khususnya eselon II. Jadi saya perintahkan Bagian Kepegawaian untuk membuat laporan berkala setiap bulan. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, perintahkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk mengevaluasi absensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan membuat laporan setiap bulan.

Menurutnya, salah satu yang menjadi sorotan pada ASN, yakni berkaitan dengan kedisiplinan kerja mulai saat masuk dan pulang bertugas. Dimana, semuanya dibuktikan dengan mengisi daftar absensi.

"Jangan hanya absen saja terus disimpan, tapi harus dievaluasi tingkat kehadiran khususnya eselon II. Jadi saya perintahkan Bagian Kepegawaian untuk membuat laporan berkala setiap bulan," tegasnya saat memimpin apel di pelataran Kantor Bupati Konsel, Senin (31/5/2021).

Surunuddin mengatakan, absensi akan menjadi indikator penilaian penting baginya dalam melakukan pengisian jabatan enam bulan ke depan pada jabatan eselon, utamanya jajaran kepala dinas.

Baca juga: Penyalahgunaan Narkoba di Muna Tinggi, BNNK Tambah Kelurahan Bersinar

Baca juga: Pelni Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Ini

"Tiap bulan dievaluasi dan lapor ke saya absensinya. Yang malas segera dipanggil baik lisan maupun secara tertulis, juga berikan sanksi sesuai aturan kepegawaian yang berlaku. Ini demi upaya penegakan disiplin dan kelancaran peningkatan pelayanan masyarakat," lanjutnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa pengangkatan pejabat oleh kepala daerah terpilih diatur setelah enam bulan pasca dilantik. Salah satu alasannya karena untuk melihat tingkat kedisiplinan dan loyalitas seorang aparatur dalam mendukung program kerja pemerintahan baru.

Menurutnya dengan disiplin, seorang aparatur bisa mengemban amanah yang diberikan kepadanya, sehingga layak dipercaya untuk diangkat sebagai pejabat sesuai kualifikasinya.

Untuk itu, ia berpesan agar aparatur bekerja ikhlas, cerdas, keras dan berinovasi serta mampu menguasai Iptek seiring perkembangan jaman terkini.  (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga